telkomsel halo

Siasat Microsoft Garap Pasar UKM

14:02:41 | 26 Okt 2014
Siasat Microsoft Garap Pasar UKM
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Pasar solusi Teknologi Informasi (TI) bagi pelaku usaha kecil menengah alias UKM di Indonesia ternyata tak hanya menggiurkan operator tetapi vendor seperti Microsoft.

Berdasarkan data Kementrian Koperasi dan UKM RI per Juni 2013, ada 55,2 juta pelaku UKM atau 99,98% dari total usaha di Indonesia. “Pasarnya potensial sekali bagi sejumlah produk Microsoft,” ungkap Business Group Head Microsoft Office Division Microsoft Indonesia Rully Moulany, kemarin.

Diungkapkannya, produk yang menjadi andalan untuk pasar UKM adalah perangkat lunak terbaru  Office 365 SMB (small and midsized businesses). Perangkat ini berfungsi mengintegrasikan pekerjaan dari device berbeda, seperti laptop, tablet maupun telepon genggam. Targetnya adalah usaha dengan jumlah pekerja di bawah 250 orang.

Perangkat lunak ini harganya lumayan terjangkau  dimana dalam sekali pembayaran, software ini sudah meliputi email, konferensi web, instant messaging, ruang penyimpanan cloud serta fitur berbagi file.

Pengguna Office 365 pun tergolong mudah karena Office 365 menggabungkan semua aplikasi kerja yang sudah dikenal oleh publik seperti Word, Excel, dan Power Point. Produk ini juga disertai dengan komputasi cloud yang memungkinkan semua perubahan bisa ter-update secara otomatis.   

Cloud menjadi andalan dari produk ini. Berdasarkan studi Boston Consulting Group, UKM yang melakukan migrasi ke cloud menunjukan peningkatan pendapatan tiga kali lebih tinggi. Microsoft meluncurkan 3 seri Office 365 SMB, meliputi Office 365 Business, Office 365 BUsiness Essentials, dan Office 365 Business Premium.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year