Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Tip Memilih Perangkat Tablet ala Intel

12:49:05 | 18 Okt 2014
Tip Memilih Perangkat Tablet ala Intel
Ilustrasi (dok)
Angkasa Pura 2
Jakarta (IndoTelko)  – Perangkat komputer tablet menjadi salah satu yang diandalkan masyarakat untuk bekerja guna menunjang mobilitasnya.

Dalam memilih perangkat tablet banyak pengguna yang terkesima dengan desain dan jeroan di dalamnya, tanpa tahu mana yang lebih prioritas kala memutuskan untuk membeli.

“Hal yang terpenting dalam memilih perangkat tablet adalah prosesornya, ini dapat menentukan performa dan kemampuan perangkat,” kata Head of Public Relations Intel Indonesia, Dhyoti R. Basuki, kemarin.

Ibarat memasak masakan lezat,  tidak ditentukan dari banyaknya kuantitas bahan maupun kuantitas yang memasak, melainkan karena suatu kualitas, baik itu kualitas bahan-bahan yang digunakan maupun kualitas kemampuan memasak yang mumpuni, seperti seorang chef profesional.

Analogi ini digunakan untuk menjelaskan mengapa kualitas prosesor lebih penting dari pada kuantitas core yang terdapat dalam sebuah prosesor. Sebab, sebagian besar performa dan kemampuan perangkat tablet ditentukan dari  kualitas prosesor bukan dari banyaknya jumlah core. Sejauh ini prosesor Intel Atom ada di  produk tablet milik SpeedUp, Asus, dan Advan.  

“Selama ini banyak yang berasumsi bahwa semakin banyak jumlah core, semakin baik pula performa sebuah prosesor. Tetapi asumsi ini sangat keliru,” katanya.

Ketika membahas tentang jumlah core dalam sebuah prosesor, semakin sedikit jumlahnya justru semakin efisien. Sebab, hal ini bukan hanya perkara jumlah melainkan lebih kepada kualitas dari core tersebut.

Ditambah lagi, semakin banyak core yang digunakan, maka harus semakin besar upaya untuk membuat mereka bekerja bersamaan secara efisien. Ini artinya, anggapan bahwa ‘semakin banyak core berarti lebih baik’ tidak sepenuhnya tepat, karena tidak semua core dibuat dengan kualitas yang setara.

“Ketika membeli sebuah tablet, konsumen dibuat bingung dengan berbagai pilihan yang tersedia di pasar, mulai dari berbagai macam tipe ukuran layar, sistem operasi, fitur yang beragam, serta pilihan konektivitas. Ketika membicarakan performa serta kemampuan terbaik dari perangkat yang akan dibeli, kami percaya bahwa keberhasilan tersebut ditentukan dari kualitas teknologi di dalamnya,” tambahnya.

Di Intel, lanjutnya, perseroan fokus  lebih kepada kualitas yang ada di dalam perangkat tablet agar mampu memberikan performa terbaik. Berkat  prosesor Intel di dalam tablet bisa membuat konten hingga 2,4x lebih baik dari Windows media editing dan 3,4x lebih cepat untuk mengkonversi video

Paket Semangat Kemerdekaan
Prosesor ini juga memberikan fleksibilitas dan kecepatan tinggi dalam menjelajah, membaca, bermain, serta menyunting segala tipe file dan situs internet favorit Anda  kompatibilitas sekelas PC.

Belum lagi Intel HD Graphics yang canggih dapat memberikan pengalaman memiliki tablet yang ringan  dan tenang untuk bermain game favorit berkat adanya dukungan daya tahan baterai yang luar biasa.  

Terakhir ada arsitektur 64 bit yang  dapat memproses dua kali lebih banyak data dan dapat mengakses kapasitas RAM lebih besar, sehingga mampu mengakselerasi aplikasi multitugas dengan data yang besar.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year