telkomsel halo

Bentuk Anak Usaha, Lenovo ingin Tekan Xiaomi

11:02:58 | 17 Okt 2014
Bentuk Anak Usaha, Lenovo ingin Tekan Xiaomi
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) –  Lenovo akhirnya berencana membentuk anak perusahaan baru yang fokus pada bidang smart device guna menyaingi pamor Xiaomi di pasar Tiongkok.

Dilansir CNET (16/10), Lenovo ingin mendorong penjualan online seperti yang dilakukan Xiaomi. Lenovo akan mulai mengoperasikan perusahaan perangkat pintar buatannya itu tahun depan, tepatnya pada 1 April dan fokus pada penjualan di China.

Perusahaan baru ini akan memiliki nama perusahaan dan nama merk yang berbeda serta dipimpin oleh presiden Lenovo China dan Asia Pasifik, Chen Xudong.

Lenovo juga menunjuk Liu Jun, kepala grup bisnis mobile Lenovo serta  kepala ekosistem dan grup layanan cloud, George He untuk menjabat sebagai direksi di anak perusahaan Lenovo yang baru. Anak usaha baru ini akan menjual ponsel dan tablet baru hanya melalui internet.

Namun, analis dari IDC Bryan Ma mengingatkan tidaklah mudah bagi Lenovo untuk meniru kesuksesan Xiaomi, meskipun Lenovo sudah memiliki nama populer. " Xiaomi tidak hanya tentang menjual ponsel murah secara online, mengembangkan cara berikutnya akan menjadi tantangan jika Lenovo benar-benar meniru Xiaomi," katanya.

Diingatkannya,  Xiaomi berasal dari latar belakang perangkat lunak dibandingkan Lenovo pada hardware. "Ini akan menarik untuk melihat bagaimana Lenovo mengukur keberhasilan langkah mereka," tambahnya.

Sekadar diketahui, Xiaomi memang tengah bersinar dan diprediksi menjual 60 juta unit smartphone tahun ini. Sejauh ini Xiaomi sudah menjual 45 juta unit smartphone, sedangkat tahun lalu sebanyak 18,7 juta unit.

Ekspansi Xiaomi sudah mencapai Taiwan, Singapura, Hong Kong, Malaysia, Indonesia, dan India.  Sementara selama kuartal II 2014, Lenovo adalah pembuat ponsel terbesar ke empat di dunia. Saat ini sedang dalam proses akuisisi Motorola Mobility dari Google.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year