telkomsel halo

Jaringan Operator

Garap Pelanggan Kakap, Telkom Gelar FTTHEM

09:48:37 | 16 Okt 2014
Garap Pelanggan Kakap, Telkom Gelar FTTHEM
Suasana peluncuran program FTTHEM (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) kian serius menggarap  pasar korporasi serta Usaha Kecil, dan Menengah (UKM) sebagai salah satu backbone pendapatan di masa depan.

Hal itu ditunjukkan dengan aksi mengganti kabel tembaga dengan serat optik sebagai akses konektivitas yang dibalut dalam program Fiber To The High End Market (FTTHEM).   

Direktur Enterprise and Business Service Telkom Muhammad Awaluddin mengungkapkan, pasar konektivitas untuk segmen korporasi dan UKM lumayan menjanjikan karena Average Revenue Per User (ARPU) di kisaran Rp 500 ribu.

“Kita targetkan ada 100 ribu pelanggan masuk ke dalam program FTTHEM di tahun 2014. Pasar konektivitas ditargetkan menyumbang sekitar Rp 3,628 triliun untuk direktorat enterprise dan business services tahun 2014 ini,” katanya, kemarin.

Rinciannya, total target direktorat yang dipimpin Pria Berkumis ini di 2014 sekitar Rp 10 triliun. Layanan terbagi dua yakni konektivitas dan non konektivitas. Segmen korporasi menyumbang 76% bagi total target, sedangkan UKM di 24%. Di segmen koporasi, konektivitas menyumbang omzet 33%, sedangkan di UKM sekitar 47%.

“Kami sudah memulai pergantian serat optik sejak 2006, hingga sekarang ada sekitar 10,2 juta home pass. Tahun ini tambahan home pass untuk semua segmen (ritel dan korporasi) ada sekitar 2,1 juta sambungan optik,” paparnya.

Diharapkannya, pada tahun depan semua pelanggan bisnis yang berpotensi masuk program FTTHEM bisa dilayani karena ada tambahan 5 juta home pass.

“Kita ada total potensi 150 ribu pelanggan FTTHEM, tahun depan ini akan diekspansi keluar Jakarta, Surabaya, dan Bali. Telkom pada tahun depan akan memiliki 15 juta homepass serat optik yang menelan investasi sekitar Rp 12,5 triliun,” pungkasnya.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year