telkomsel halo

Hewlett-Packard Lakukan Spin Off

09:41:45 | 07 Okt 2014
Hewlett-Packard Lakukan Spin Off
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Hewlett-Packard (HP) berencana akan melakukan spin off atau pemisahan bisnis menjadi dua perusahaan sebagai bagian dari strategi restrukturisasi

HP rencananya akan memisahkan bisnis komputer dan printer dari bisnis corporate hardware serta services. Pemegang saham yang ada akan menjadi pemilik di kedua perusahaan baru nantinya. Saham HP langsung naik 5% begitu aksi korporasi ini diumumkan. Aksi ini diharapkan tuntas pada 2015 mendatang.  

Meg Whitman akan menjadi pimpinan di Hewlett Packard Enterprise yang bergerak di corporate hardware dan services. Wanita ini juga akan menjadi bos di  bisnis printer dan komputer yang di kuartal terakhir berkontribusi sekitar 50% dari keuntungan dan pendapatan perseroan.

"Pemisahan ini akan membuat kedua bisnis ini bergerak lebih fleksibel dan agresif ditengah pasar yang terus berubah,” ungkapnya seperti dilansir BBC, kemarin.

Analis dari Firma CCS Insight Arnaud Gagneux mengatakan kedua bisnis yang dipisahkan oleh HP dalam tren penurunan sehingga belum jelas nasibnya jika dipisah. “Pemisahan ini bisa membuat beban pemasaran, keuangan dan lainnya menjadi naik. Belum lagi skala ekonomi dalma pemesanan komponen bisa berkurang,” katanya.

HP memang sedang dalam tekanan kompetisi seperti dari merek Lenovo beberapa tahun ini. Pada bulan Agustus lalu HP melaporkan bahwa penjualan PC, termasuk netbook dan notebook tumbuh sekitar 12% dan memberikan peningkatan pendapatan senilai U$27,6 miliar.(wn) 

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year