telkomsel halo

Teknologi U900

Telkomsel akan Gelar U900 di Jakarta dan Bali

09:07:14 | 26 Sep 2014
Telkomsel akan Gelar U900 di Jakarta dan Bali
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Telkomsel dikabarkan siap menggelar 3G di frekuensi 900 MHz pasca keluarnya aturan penataan frekuensi 800 Mhz belum lama ini.

Anak usaha Telkom ini tak hanya ingin menggelar U900 dengan teknologi extended Global System for Communication (e-GSM) kawasan Timur Indonesia, tetapi juga di area gemuk seperti Jakarta dan Bali.

Telkomsel di 900 MHz memiliki frekuensi selebar 7,5 MHz, selain itu akan ada tambahan 5 Mhz dari warisan frekuensi Telkom Flexi selebar 5 Mhz. Jumlahnya bisa menjadi 15 Mhz jika pemerintah akhirnya mengalokasikan guard band 800 Mhz selebar 2,5 Mhz ke penguasa seluler itu.

“Kita tunggu keputusan pemerintah terkait alokasi frekuensi bagi Telkomsel. Selain itu ada pekerjaan utama yakni memindahkan pelanggan Flexi ke Telkomsel, setelah itu baru dipikirkan area mana yang bisa digelar teknologi baru,” ungkap Direktur Keuangan Telkomsel Heri Supriadi belum lama ini.

Diungkapkannya, pada tahap awal  perseroan akan menggelar layanan e-GSM di Jakarta dan Denpasar dengan gabungan frekuensi terbaru di 900 MHz. “Tetapi ini kita tunggu dulu keputusan dari pemerintah,” katanya.

Sekadar diketahui, jika Telkomsel ingin memanfaatkan frekuensi warisan Flexi di Jakarta dan Bali, tidak hanya harus membereskan masalah migrasi pelanggan tetapi juga menunggu Mobile-8 (Afiliasi Smartfren) untuk pindah kanal.

Saat ini posisi frekuensi Flexi di 800 MHz dan Telkomsel di 900 MHz belum berdekatan. Justru Mobile-8 yang berada disamping Telkomsel untuk kawasan Jakarta dan Jawa Barat.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year