telkomsel halo

Pengembang Aplikasi Berseri di Gudang App

08:21:15 | 19 Aug 2014
Pengembang Aplikasi Berseri di Gudang App
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT XL Axiata Tbk (XL) mengklaim para pengembang aplikasi kinerjanya lebih sumringah di toko aplikasinya miliknya,  Gudang Aplikasi (Gudang App).

“Sejak diluncurkan pada April lalu, Gudang App membuat para pengembang aplikasi senyumnya mengembang, terutama yang dari lokal. Mereka mengakui aplikasinya bisa menarik pengguna di Gudang Aplikasi ketimbang Google Play atau App Store. Singkatnya, presence dan akuisisi sukses melalui toko milik XL,” ungkap GM Content & Application XL Axiata Revie Sylviana Andriani kepada IndoTelko, kemarin.

Diungkapkannya, saat ini sudah ada sekitar 720 ribu pengguna terdaftar di Gudang App dimana 20% diantaranya berasal dari operator lainnya.

“Kami lumayan kaget ternyata pengguna operator lain juga tertarik dengan aplikasi yang tersedia di Gudang App. Pengguna dari operator lain hanya bisa download aplikasi yang gratis, soalnya kami belum buka carrier billing dengan operator lain. Kita ingin kerjakan ini karena potensinya lumayan besar,” paparnya.

Ditambahkannya, hal yang menggembirakan lainnya adalah pengguna yang pernah mengunduh aplikasi di Gudang App sebanyak satu kali. “Paling banyak diunduh itu aplikasi game dan full track musik. Saat ini ada sekitar 10 ribu konten dimana 45% terdiri atas aplikasi berbasis Android dan games. Sudah ada sekitar 110 pengembang aplikasi yang bergabung di Gudang App dimana 55% dari Indonesia,” tuturnya.

Lebih lanjut Wanita yang baru saja didapuk sebagai 50 Axiata Talented People ini mengungkapkan, beberapa aplikasi yang paling diminati pengguna di tokonya sekarang adalah Dokter Gratis, Cepat Tepat, dan Lompat Karung. Dokter Gratis sudah diunduh sebanyak 15 ribu kali, sedangkan Lompat Karung dan Cepat Tepat sebanyak 10 ribu kali

“Itu semua performansi baru tiga bulan. Aplikasi ini juga ada di Google Play dan App Store, tetapi kalau dibandingkan kinerjanya bagi pengembang, senyum mereka lebih mengembang bersama XL,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, anak usaha Axiata ini menyiapkan investasi sekitar US$ 1 juta untuk mengembangkan Gudang App dengan dukungan Huawei sebagai pengembang platform.

Banyak kalangan beranggapan pada tahun ini XL dan Telkomsel akan bersaing keras di bisnis digital. Telkomsel pun memiliki toko aplikasi layaknya Gudang Aplikasi XL yang bermain untuk pengguna feature phone atau smartphone pemula.

Hingga kuartal pertama 2014 bisnis digital menyumbang sekitar 4% dari total pendapatan XL yang mencapai Rp 5,52 triliun.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year