Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Ericsson dan Huawei Bertarung di Pasar Managed Services

14:39:17 | 02 Jul 2014
Ericsson dan Huawei Bertarung di Pasar Managed Services
Ilustrasi (Dok)
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Pertarungan dua vendor besar, Huawei dan Ericsson, memperebutkan kue pasar managed service lumayan ketat.

Dalam catatan lembaga ABI Research, walau selama 2013 pasar managed service terlihat melambat, tetapi kompetisi antara dua vendor besar ini lumayan keras.

Menurut lembaga ini ada tiga vendor yang menguasai sekitar 85% pasar dari managed service global, dimana Huawei dan Ericsson sama kuat mengempit sekitar 30% pangsa pasar.

"Operator sekarang sudah menyadari masalah penyerahan jaringan ke pihak lain. Kuatnya tiga pemain besar ini menjadikan ruang bagi pemain kecil menjadi sempit,” ungkap Direktur Mobile Networks Practice Joe Hoffman seperti dilansir Cellular-News, kemarin.

Dikatakannya, para vendor tak hanya bertarung disisi harga tetapi juga di efektifitas biaya. “Huawei selama ini selalu berhasil memperpanjang kontraksnya, sementara  Ericsson selalu berinovasi untuk memanjakan pelanggannya. Tantangan akan datang dari Nokia yang mulai agresif,” katanya.

Ditambahkannya, bisnis Managed Services akan terus tumbuh ditengah operator yang tengah fokus meningkatkan margin keuntungan.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan