telkomsel halo

Microsoft Pacu Adopsi Cloud Computing

09:55:53 | 25 Jun 2014
Microsoft Pacu Adopsi Cloud Computing
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Microsoft terus memacu adopsi layanan berbasis cloud computing  dengan menawarkan penyimpanan One Drive.

"Kami sangat serius dengan cloud. Ada layanan solusi di customer, solusi di enterprise. Soalnya kami  melihat pemanfaatan cloud sudah sangat bisa digunakan di Indonesia," ungkap Business Group Lead Microsoft Indonesia, Lucky Gani, kemarin.

Menurutnya, secara tidak sadar masyarakat sudah mengadopsi cloud computing. Misalnya, dengan mengunggah foto ke sosial media atau menyimpan file di One Drive lalu dibagikan.

"Sebetulnya secara tidak sengaja kita itu sudah menggunakan cloud sering sekali. Cuma memang nama cloud itu masih sophisticated untuk kalangan tertentu," paparnya.

Diprediksinya, dalam lima tahun ke depan pengguna cloud akan jauh lebih besar. Cloud akan makin merambah perangkat bergerak seperti tablet PC.

Sebelumnya, Microsoft baru saja mengumumkan gebrakan baru One Drive dengan menawarkan layanan gratis One Drive, dari  7GB menjadi 15GB. Langkah ini membuat One Drive sejajar dengan Google Drive yang juga menyediakan 15GB cuma-cuma untuk penggunanya.

Dalam rilis Gartner dinyatakan cloud computing akan maju berkat  pesatnya perkembangan jumlah penggunaan perangkat mobile dan internet. Di tahun 2010, menurut data yang dirilis Gartner, nilai bisnis cloud sebesar US$ 36,8 miliar. Tahun 2015, diperkirakan bisa mencapai US$ 121 miliar.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year