telkomsel halo

Indonesia Salah Satu Penopang Pertumbuhan Smartphone

17:19:55 | 31 May 2014
Indonesia Salah Satu Penopang Pertumbuhan Smartphone
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Indonesia diprediksi menjadi salah satu negara yang mendorong pertumbuhan smartphone bersama India dan Rusia di masa mendatang.

Lembaga riset IDC menyatakan pertumbuhan smartphone di ketiga negara tersebut tetap akan bermain di kisaran dobel digit di masa mendatang, sementara Tiongkok akan menguasai sekitar sepertiga dari pengapalan smartphone pada 2018 mendatang.

"Pada tahun ini diprediksi pengapalan smartphone sekitar 1,2 miliar unit atau tumbuh 23,1% dibandingkan 2013. Android akan menguasai pasar sekitar 80,2%.Sedangkan perangkat berbasis iOS akan stabil dengan average selling price (ASP) paling tinggi sekitra US$ 200," ungkap Research Manager IDC Mobile Phone Ramon Llamas dalam situsnya.
 
Menurutnya, tingginya penetrasi dari smartphone di ketiga negara itu  bisa membuka peluang bagi ekosistem, mulai dari operator, vendor, dan lainnya. Diprediksi ASP dari smartphone pada akhir tahun 2014 bisa mencapai US$314.

Dibutuhkan
Menteri Perdagangan M Lutfi mengakui, Indonesia sebagai negara mobile broadband membutuhkan smartphone, terutama untuk membangun e-commerce.

"E-commerce bisa tinggi di Indonesia karena smartphone. Indonesia harus bisa menentukan prioritas, menunggu industri pembuatan smartphone berjalan, atau menggeber nilai tambah seperti e-commerce," katanya.

Diungkapkannya, Kementerian Perdagangan berkepentingan untuk menyebarkan harga-harga komoditas melalui tekonologi informasi dan komunikasi, salah satunya smartphone di 33 provinsi agar para petani dan nelayan, bisa mengecek perkembangan harga-harga komoditas.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year