telkomsel halo

Soal Slot Orbit, Indosat Sudah Legawa

08:45:07 | 30 May 2014
Soal Slot Orbit, Indosat Sudah Legawa
Alexander Rusli (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Indosat Tbk (ISAT) mengaku sudah legawa masalah ditariknya slot orbit 150,5 derajat Bujur Timur oleh pemerintah dan dialihkann ke BRI.

"Soal slot orbit, kami sudah terima surat klarifikasi dari pemerintah.  Di surat itu disebutkan alasan penarikan karena alasan strategis negara," ungkap Direktur Utama Indosat Alexander Rusli, kemarin.

Menurutnya, keluarnya surat itu membuat perseroan menjadi lega karena selama ini terkesan slot orbit ditarik karena Indosat dianggap tak bisa memenuhi persyaratan dari pemerintah sebagai pengelola slot orbit. "Surat itu menjadi pegangan kami untuk menjelaskan ke mitra," katanya.

Ditambahkannya, perseroan pun tetap optimistis bisa terus berbisnis satelit karena masih ada Palapa D dan bisa menyewa transponder ke operator lain untuk menutup kekurangan kapasitas. "Bisnis satelit itu berkontribusi sekitar 1% bagi total omzet. Kami tetap optimistis terus kompetitif," tegasnya.

Sebelumnya, pemerintah menarik slot orbit 150,5 BT dari Indosat dan dialihkan ke BRI. Bank pelat merah tersebut baru mengumumkan kerjasama dengan Space System Loral LLC (SSL) untuk membangun satelit dan perusahan peluncur roket asal Prancis, Arianespace, untuk meluncurkan satelit BRISat pada 2016  mendatang. Pemerintah memberikan waktu dua tahun bagi BRI untuk menghadirkan stasiun bumi pasca mendapat hak mengelola slot orbit 150,5 BT.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year