telkomsel halo

Gairah Link Net di Pasar Fixed Broadband

08:54:32 | 05 May 2014
Gairah Link Net di Pasar Fixed Broadband
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko)  - Nama PT Link Net bisa diapungkan sebagai salah satu pemain fixed broadband yang bisa diperhitungkan di tanah air.

Anak usaha dari PT First Media Tbk (KBLV) yang tengah merintis jalan ke lantai bursa ini pada akhir 2013 lalu memiliki sekitar 332 ribu pelanggan broadband dengan dukungan infrastruktur 1,1 juta home pass di Jakarta dan Surabaya.

Produk yang ditawarkan adalah FastNet Express, FastNet Premium, FastNet Ultimate, dan FastNet Infinite. Di segmen korporasi ada sekitar 1.160 perseroan yang berlangganan akses dari LinkNet

Di jasa Home Cable, perseroan memiliki sekitar 329 ribu pelanggan melalui produk HomeCable Family Plus HD dan HomeCable Ultimate HD.

Pada 2013 perseroan memiliki pendapatan sekitar Rp 1,664 triliun dengan keuntungan Rp 362,169 miliar dan net margin 21,76%. Sekitar 57,3% pendapatan disumbang dari bisnis broadband, sedangkan 33,2% oleh home cable. Link net sendiri secara konsolidasi ke First Media berkontribusi 80% ke omzet.

Tumbuh
Direktur dan Sekretaris Perusahaan Link Net Dicky Moechtar menargetkan pada tahun ini  pendapatan dan keuntungan dari Link Net naik sekitar 25% dibanding 2013.Caranya, perseroan membidik ada pertumbuhan sekitar 20% disisi pelanggan dan jangkauan home pass digenjot. 

“Kita siapkan belanja modal  sekitar Rp1 triliun untuk membangun infrastruktur. Belanja modal Link Net dari kas internal hampir 80%, sisanya pinjaman perbankan, dan vendor financing," ungkapnya, akhir pekan lalu.

Diungkapkannya, perseroan akan fokus di pasar Jakarta dan sekitarnya karena potensi pendapatan masih besar. “Ada ruang tumbuh sekitar 600 ribu home pass yang belum terpasang dari potensi pelanggan broadband internet di Jakarta,” jelasnya.

Hitungannya, target pasar untuk layanan broadband internet milik Link Net sekitar 1,7 juta, sementara home pass yang dimiliki sekitar 1,1 juta."Itu artinya masih ada ruang 600 ribu home pass, kita juga akan roll out jaringan di Bandung tahun ini. Hub sudah dibangun di sana,” tutupnya.(id) 

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year