telkomsel halo

Indosat Ekspansi Layanan Data Center ke Bali

12:43:29 | 01 May 2014
Indosat Ekspansi Layanan Data Center ke Bali
Ilustrasi (Dok)
 DENPASAR (IndoTelko) – PT Indosat Tbk (ISAT) menghadirkan layanan data center di Bali untuk menggenjot pendapatan dari bisnis cloud computing.  

“Kami menghadirkan layanan data center Bali merupakan bagian dari layanan Data Center Indosat yang berpusat di Jakarta dan dikhususkan untuk mendukung korporasi atau pelaku bisnis di Pulau Dewata. Salah satu keunggulan data center ini terhubung dengan Domestic Internet Exchange dan kabel laut Jawa-Bali,” kata Director and Chief Wholesale and Enterprise Officer Indosat Fadzri Sentosa, dalam keterangannya.

Division Head of Data Center & Managed Services Project Indosat Gideon Suranta Barus menambahkan, perseroan menargetkan kapasitas ruangan yang disediakan untuk data center secara total mencapai 10.000 meter persegi.  

Saat ini, kapasitas layanan data center Indosat baru sekitar 5.000 meter persegi, termasuk dengan peningkatan kapasitas 3.000 meter persegi untuk data center di Jatiluhur, Purwakarta.

“Di Jatiluhur maunya menjadi tier 4. Sesuai jadwal, penambahan kapasitas baru bisa kelar di kuartal keempat tahun ini,” katanya.

Khusus di Bali, kapasitas ruangan yang disediakan mencapai 100 meter persegi dan bisa diekspansi menjadi 500 meter persegi.   

Ketua Bidang Sekuriti Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Irvan Narsun mengakui pasar data center di Bali memiliki potensi tinggi. Pasalnya, penetrasi Internet di Bali hanya sekitar 33% pada 2013.

Ini berarti, masih ada sekitar 67% populasi di Bali yang belum mengakses Internet.  Alhasil, banyak perusahaan penyedia jasa Internet (Internet Service Provider/ISP) melakukan ekspansi ke Bali.

Saat ini, sudah ada 20 ISP di Bali. “ISP pasti butuh data center untuk menopang ekspansinya,” pungkasnya.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year