telkomsel halo

Caplok Moves, Facebook Terus Perkuat Pangsa Pasar di Segmen Mobile

07:58:48 | 25 Apr 2014
Caplok Moves, Facebook Terus Perkuat Pangsa Pasar di Segmen Mobile
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (indoTelko) – Facebook Inc terus memperkuat posisinya di segmen mobile dengan mengakuisisi aplikasi mobile Fitness, Moves.

Dikutip dari Bloomberg (24/4), Moves selama ini dibesut oleh  ProtoGeo Oy berjalan di platform  iOS dan Android, memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan data aktifitas kebugaran seperti berjalan, lari, dan lainnya. ProtoGeo didirikan pada Januari 2012 dan telah diunduh sebanyak 4 juta kali.
 
Sebelum ini Facebook telah memperkuat posisinya di segmen mobile dengan mengakuisisi  Instagram dan  WhatsApp Inc. Tak hanya itu, Facebook juga mempersiapkan masa depan dengan membeli perusahaan Oculus VR Inc yang bermain di virtual reality.

Sepanjang kuartal pertama 2014, keuntungan Facebook meloncat jauh berkat kian kuatnya kuku perseroan di segmen mobile.

Laba bersih Facebook mencapai US$ 642 juta atau US$ 25 per saham di akhir kuartal I lalu. Pencapaian ini lebih tinggi 193% dibanding laba yang dikantongi perusahaan ini setahun sebelumnya yang sebesar US$ 219 juta atau US$ 9 per saham.

Tanpa pengeluaran tertentu, laba Facebook malah bisa mencapai US$ 885 juta atau US$ 34 per saham, berbanding US$ 12 per saham. 

Pendapatan iklan di perangkat mobile, yang mencerminkan 59% total pendapatan, tumbuh 30%. Total, pendapatan Facebook tumbuh sampai 72% year on year menjadi US$ 2,5 miliar. 

Secara keseluruhan pendapatan Facebook meningkat 72% dari tahun sebelumnya di periode kuartal pertama menjadi USD 2,5 miliar awal 2014.

Facebook memiliki 1,28 miliar pengguna di akhir Maret lalu. Facebook menginjeksi pesan dari pengiklan langsung pada newsfeed pengguna. 

Cara ini manjur diterapkan pada perangkat mobile berlayar kecil-menengah seperti smartphone dan tablet, sehingga berhasil mengangkat pendapatan Facebook yang sempat melempem. 

Dari 1,28 miliar yang mengakses Facebook tiap bulan sekitar 1,01 miliar pengguna aktif layanan yang dibuat Mark Zuckerberg itu mengakses memakai perangkat mobile.   

Aplikasi chatting besutan Facebook sendiri, Facebook Messenger telah mencapai 200 juta pengguna.Aplikasi mobile yang pertama kali hadir untuk platform iOS dan Android ini merupakan produk hasil akuisisi Beluga yang merupakan penyedia layanan group chat pada Februari 2011. 

Aplikasi ini dihadirkan secara terpisah dari aplikasi Facebook sehingga penggunaannya fokus pada layanan chat.

Pada 2013 lalu, perusahaan asal Silicon Valley, California itu menyumbang 17,5% dari pendapatan industri iklan mobile yang mencapai US$ 18 miliar.Analis eMarketer memprediksi pasar iklan mobile akan melonjak jadi US$ 31,45 miliar dan Facebook menyumbang 21%.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year