telkomsel halo

VMware: Generasi Pekerja Millenial Lebih Produktif di Luar Kantor

03:08:55 | 24 Apr 2014
VMware: Generasi Pekerja Millenial Lebih Produktif di Luar Kantor
kia-ka: Andreas Kagawa dan Sanjay Mirchandani (sar/indotelko)
JAKARTA (IndoTelko) - Tren Bring Your Own Device (BYOD) semakin menjamur namun sayangnya tidak diiringi dengan peningkatan dan penyesuaian kebutuhan dari perusahaan, termasuk penanganan resiko keamanan.

Di Indonesia saat ini banyak perusahaan yang telah menerapkan sistem BYOD, dimana para pekerja diperbolehkan bekerja dimana saja, tak harus datang ke kantor, dengan menggunakan perangkat pendukung milik mereka sendiri.

Para pekerja ini disebut VMware sebagai Millennial Workforce (tenaga kerja Millenial). Mereka adalah orang yang lahir di era mobile, sekitar tahun 1982 ke atas, menduduki posisi penting di korporasi dan memiliki harapan yang tinggi terhadap IT untuk mendukung kinerja bisnis seiring dengan cepatnya perkembangan teknologi.

Generasi seperti inilah yang dipercaya mampu mengubah tempat dan cara kerja menjadi lebih IT dan lebih Mobile.

"Dari survei yang kami lakukan, lebih dari 60% pekerja dewasa di Indonesia menganggap kerja adalah sesuatu yang dilakukan dimanapun mereka berada. Sebanyak 72% responden juga peraya bahwa mereka dapat mempertahankan tingkat produktivitas di luar kantor, setidaknya 50% lebih banyak ketimbang bekerja di dalam kantor," ujar Andreas Kagawa, Country Manager VMware Indonesia saat memaparkan survei Meconomy 2014 di Jakarta, Rabu (23/4).

Tidak heran, lanjut Andreas, sebanyak 87% pekerja dewasa di Indonesia memiliki lebih dari satu perangkat. Tidak hanya smartphone tapi juga tablet dan laptop. 92% dari mereka dipastikan bekerja saat sedang dalam perjalanan (mobile).

"64% dari responden penelitian kami di Indonesia merasa bahwa rumah mereka bisa dirangkap menjadi kantor sehingga bisa menjadi tempat kerja yang ideal," tambahnya.

Dikatakan Andreas, ini merupakan tantangan perusahaan untuk bisa meningkatkan penyesuaian kebutuhan generasi pekerja millennial yang ingin mendapat informasi dan akses aman dimana saja dan kapan saja dibutuhkan.

"Kebanyakan mereka ingin kebebasan memilih aplikasi dan fleksibilitas dengan penyimpanan data. Oleh karena itu, dengan banyaknya titik akses, baik laptop, tablet maupun ponsel, divisi IT pasti ditekankan untuk bisa menyediakan jasa dan akses tingkat tinggi tanpa adanya resiko," tegasnya.

Dukungan IT yang dimaksud para pekerja dalam survei ini adalah tidak hanya akses ke jaringan yang lebih cepat, tapi juga perlengkapan yang berfungsi serta respon terhadapa permintaan IT secara realtime.

Untuk membantu IT memberikan dukungan yang lebih baik kepada pekerja mobile, VMware memiliki VMware Horizon™ 6, sebuah portfolio terkini untuk solusi pengguna akhir yang dirancang agar penggunaan dan manajemen desktop dan aplikasi virtual melalui satu platform tunggal bisa lebih disederhanakan.

VMware Horizon™ 6 memungkinkan satu ruang kerja terpadu yang membuat IT untuk secara efisien menghantarkan, melindungi dan mengelola aplikasi dan desktop Window untuk pekerja di seluruh virtual, fisik dan perangkat pribadi mereka. Perangkat ini tidak hanya memungkinkan IT untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja mobile, ia juga membantu IT mengendalikan biaya dan memungkinkan karyawan untuk bekerja dimana saja setiap saat.

"VMware Horizon™ 6 memungkinkan CIO untuk menghantarkan tempat kerja virtual yang aman yang memungkinkan pengguna akhir untuk bekerja sesuai cepatnya kehidupan." tandas Andreas. (ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year