telkomsel halo

Kemenkominfo Baru Hasilkan Rp 130 miliar dari PNBP

08:56:06 | 11 Apr 2014
 Kemenkominfo Baru Hasilkan Rp 130 miliar dari PNBP
Muhammad Budi Setiawan (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) baru mendapatkan Rp 130 miliar dari sektor Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) hingga berakhirnya kuartal pertama 2014.

“Dana yang masuk banyak dari Biaya Hak Penggunaan (BHP) frekuensi. Biasa itu kuartal pertama agak rendah,” ungkap  Dirjen Sumber Daya dan Perangkat dan Pos Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika M. Budi Setiawan, kemarin.

Sekadar catatan, Kemenkominfo pada tahun ini  memiliki target PNBP sekitar Rp 13 triliun. Alhasil, realisasi di kuartal I ini baru sekitar 1% dari target.

“Nanti akan ada lelang frekuensi 3G, itu lumayan besar. Biasanya memang pemasukan besar di kuartal kedua dan keempat,” ungkapnya.

Dalam catatan, lelang blok 3G yang akan dijalankan Kemenkominfo adalah milik XL dan Axis yang dikembalikan ke pemerintah karena merger yang dilakukan keduanya. Saat ini sedang dibuat aturan soal pengembalian blok 8 milik XL dan blok 12 milik Axis.(ak) 

Harga satu blok frekuensi  sekitar Rp 544 miliar. Angka ini terdiri dari dua kali upfront fee ditambah 20% dari harga lelang (BHP tahun pertama).(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year