telkomsel halo

BRI Bersiap untuk Kelola Slot Orbit 150,5 BT

11:07:44 | 27 Mar 2014
BRI Bersiap untuk Kelola Slot Orbit 150,5 BT
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) tengah mempersiapkan segala sesuatu terkait pengelolaan slot orbit 150,5 derajat bujur timur (BT) jika Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akhirnya memutuskan bank pelat merah itu sebagai pengelola.

"Posisinya sekarang menunggu keputusan dari Kemenkominfo. Kita perkirakan bulan depan (April) sudah ada keputusan,” ungkap Direktur Utama BRI Sofyan Basir, kemarin.

Diungkapkannya, jika surat keputusan sudah keluar, akan dilakukan tender untuk pengadaan dan bisa meluncur dua tahun mendatang.

Ditegaskannya, pengambilalihan slot orbit  itu aksi penting untuk memperlancar sistem jaringan perbankan. "Kami tahu teknologi adalah jantungnya bank, jantung ini terbentuk jika ada darah, dan darah ini adalah dari jaringan-jaringan komunikasi tadi," paparnya.

Skandal
Secara terpisah, Anggota Komisi XI DPR Arief Budimanta mengaku heran dengan langkah pemerintah  memberikan kewenangan kepada  BRI mengelola satelit 150,5 BT.

Diduganya ada sesuatu di balik keputusan pemerintah memberikan hak pengelolaan satelit itu kepada BRI. “Pemerintah harus berpikir ulang dan membatalkan hak pengelolaan satelit kepada BRI. Hal itu karena tidak sesuai dengan bisnis inti (core business) BRI. Kalaupun mau berinvestasi, sebaiknya BRI mengarahkan untuk yang sesuai dengan bidang keuangan dan perbankan, bukan satelit,” tegasnya.

Menurut Arief, kompetensi BRI selama ini adalah di bidang perbankan dan keuangan, khususnya retail dengan fokus pada petani dan UKM. Seharusnya investasi diarahkan untuk memajukan petani guna mengurangi impor pangan dan membangun kemandirian pangan.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year