telkomsel halo

Genflix Mulai Terapkan Carrier Billing

11:53:02 | 25 Feb 2014
Genflix Mulai Terapkan Carrier Billing
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Festival Citra Lestari sebagai pemilik layanan Over The Top (OTT) Generation Flix (Genflix) mulai menerapkan sistem pembayaran potong pulsa (carrier billing) bagi pelanggannya dengan menggandeng Indosat.

“Kita sudah terapkan carrier billing dengan Indosat agar mempermudah pelanggan melakukan pembayaran. Kalau dengan Telkom layanan Speedy-nya banyak pasca bayar, jadi sistem potong pulsa tak efektif. Selain dengan Indosat kita sedang jajaki kerjasama dengan operator lainnya. Skema yang ditawarkan dengan Indosat ini bagi hasil,” ungkap Direktur Festival Citra Greeny S Dewayanti, kemarin.

Diungkapkannya, saat ini layanan Genflix yang mengandalkan konten Liga Inggris banyak diminati masyarakat. “Kita ada sekitar 50 ribu pengguna aktif. Sebulan itu ada sekitar 1,5 juta Pageview. Andalan kita Live Streaming siaran bola dan Video on Demand (VoD) dari Majalah Popular,” katanya.

Ditambahkannya, saat ini portal Genflix bisa diakses melalui perangkat berbasis iOs dan Android. Kecepatan minimum yang dibutuhkan untuk menikmati konten Genflix adalah 512 Kbps untuk versi website dan 150 Kbps melalui perangkat bergerak.

“Kalau BlackBerry itu segmennya beda, apalagi untuk live streaming biasanya dikenakan paket data berbeda. Kalau Windows Phone popularitasnya memudar. Jadi untuk kedua platform itu kami belum garap,” katanya.
Dorong VAS

Division Head Content and VAS Indosat Hesti Diyahanita menambahkan, Indosat menggunakan layanan uang digital Dompetku untuk mendukung carrier billing dengan Genflix. “Dompetku ini ampuh mengembalikan bisnis Value Added Services (VAS) yang memudar sejak Black October beberapa tahun lalu. Kita tidak bisa lagi berjualan konten dengan mengandalkan SMS Premium atau Ring Back Tone (RBT),” ungkapnya.

Dikatakannya, Indosat menargetkan pertumbuhan layanan VAS pada tahun ini lebih tinggi 15% dari tahun lalu.“Kita gandeng Genflix untuk layanan Hiper Bola. Layanan konten sepak bola ini berisi konten tentang klub sepakbola Barcelona di Liga Spanyol, Chelsea di Liga Inggris, Genflix (layanan Liga Inggris secara live streaming). Selain itu ada juga konten Persi dan Arema Indonesia untuk Liga Super Indonesia,” katanya.

Menurutnya, sejauh ini konten VAS yang paling digemari pelanggan adalah game, sport, music, dan lainnya. “Kita ada konten klub Barcelona yang diakses sekitar 500 ribu pelanggan. Untuk konten Chelsea hasil kerjasama dengan Genflix ini diharapkan lebih tinggi karena penggemarnya di Indonesia sekitar  2,6 juta orang,” pungkasnya.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year