Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Modernisasi Jaringan 4 Kota, XL Rogoh Rp280 Miliar

23:45:58 | 13 Feb 2014
Modernisasi Jaringan 4 Kota, XL Rogoh Rp280 Miliar
Ilustrasi (Dok)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (Indotelko)  - Semakin banyaknya para pengguna 2G yang beralih ke 3G membuat XL merasa perlu untuk mulai transformasi jaringan. Dana yang dibutuhkan mencapai Rp280 miliar.

Dana tersebut diambil dari total belanja modal yang dialokasikan XL untuk tahun ini dan digunakan untuk alih jaringan tahap awal yang baru menyentuh 4 kota, yaitu Jakarta, Bogor, Surabaya dan Malang dimulai sejak akhir tahun lalu.

"Sejak dimulai pada akhir tahun lalu, hasilnya menunjukkan kecenderungan yang positif. Hal ini ditandai dengan antara lain peningkatan trafik voice dan data, meningkatnya cakupan sinyal, meningkatnya pelanggan yang memanfaatkan teknologi jaringan 3G XL di wilayan terkait, dan menurunnya pengalaman “drop call” pelanggan" ujar Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan di Jakarta.

Ongki mengklaim, trafik data XL per hari telah melonjak hampir 4 kali lipat dibanding tahun lalu. Saat ini trafik data XL per hari mencapai 260-270 terabyte sedangkan tahun lalu hanya 70 terabyte per hari. Peningkatan ini disebabkan semakin meningkatnya para pengguna smartphone dan memilih meninggalkan featurephone.

"Nantinya modernisasi jaringan ini tidak hanya berhenti pada 4 kota tersebut. Kami akan melanjutkan implementasinya ke seluruh wilayah layanan XL," ujar Ongki.

Untuk program ini, XL bekerja sama dengan dua perusahaan yang memiliki keahlian di bidang jaringan telekomunikasi seluler, yaitu PT Ericsson Indonesia dan PT Huawei Tech Investment. Tidak hanya ahli di bidang teknik jaringan, program ini juga mengikutsertakan para tenaga ahli di bidang strategi pemasaran.

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Menurut Ongki, untuk dapat memfasilitasi peningkatan volume trafik serta tuntutan kualitas layanan yang lebih baik, XL memang juga harus melakukan peningkatan kualitas jaringan dengan menggunakan pendekatan bisnis, tidak hanya dari desain teknis jaringan. Selain menyangkut aspek teknis seperti ketepatan waktu, akselerasi alih teknologi 2G menuju 3G, serta optimasi, program ini juga memadukannya dengan aspek bisnis seperti strategi pemasaran, prioritasi penjualan, dan strategi distribusi yang tepat.

"Oleh karena itu kami menggunakan pendekatan holistik yang melibatkan aspek teknis dan aspek bisnis. Kedua langkah tersebut sekaligus merupakan pembeda yang mendasar antara program ini dengan program modernisasi lainnya yang telah kami lakukan sejauh ini," papar Ongki.

Bakti
Sampai dengan saat ini XL telah melayani lebih dari 60 juta pelanggan di seluruh Indonesia tersebar dari Sabang hingga Merauke, dan didukung dengan ketersediaan infrastruktur jaringan Fiber optic, serta BTS sebanyak 44.946 (29.878 BTS 2G dan 15.068 BTS 3G).(ss)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
XL kurangi kepemilikan di PDGDC