Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Kemenkominfo Siapkan Tender Palapa Ring II

11:03:41 | 23 Jan 2014
Kemenkominfo Siapkan Tender Palapa Ring II
Ilustrasi (Dok)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tengah menyiapkan penyelenggaraan tender Palapa Ring tahap II pada Mei 2014.

PLT Direktur Jenderal Penyelenggara dan Pos Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Kalamullah Ramli mengungkapkan pemerintah tengah mempercepat pengkajian proyek tersebut agar tender bisa segera digelar.

“Kita harapkan kajian segera selesai. Kalau tender dibuka Mei, biasanya butuh waktu dua bulan. Juli sudah keluar pemenang tender,” katanya, belum lama ini.  

Diungkapkannya, saat ini pemerintah baru menyelesaikan perencanaan, yang terkait dengan hal-hal teknis, kebijakan, dan hukum. Adapun perencanaan ini dikerjakan oleh delapan konsultan independen. Setelah itu mereka akan menetapkan lead consultant untuk memulai proses lelang.

Megaproyek Palapa Ring tahap II mencakup 66 kabupaten di Indonesia bagian timur dan  tengah. Sumber pembiayaan proyek tersebut berasal dari dana universal service obligation (USO) pada periode 2009-2012. Total dana USO selama periode tersebut sekitar Rp 2,9 triliun, dengan Rp 900 miliar telah terpakai untuk proyek Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK).

Bakti
Sebelumnya Kemenkominfo berencana membuka tender Palapa Ring II pada September 2013, namun ditunda karena kajian belum selesai. Jalur Palapa Ring pun sebenarnya sebagian sudah dibangun oleh Telkom.(ct)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year