telkomsel halo

Peran CIO Kian Strategis di Masa Depan

12:29:49 | 18 Jan 2014
 Peran CIO Kian Strategis di Masa Depan
Suasana Kick Off CTI IT Infrastructure Summit 2014 (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Peran seorang  Chief Information Officer (CIO)  dalam satu perusahaan kian strategis seiring adopsi dari Teknologi Informasi (TI) yang tinggi di masa depan.

“Peran CIO dalam organisasi bisnis ke depan akan semakin strategis dan dalam dua tahun ke depan lebih dari 70% CIO akan memiliki peran yang lebih luas, dari fokus pada pengelolaan TI menjadi mitra berinovasi bagi organisasi bisnis,” ungkap Direktur CER Indonesia Suryadhi Sulthan, kemarin.

Chairman CIO Community dan Presiden Direktur CTI Group Harry Surjanto menambahkan, meski peran dan eksistensi CIO, khususnya di organisasi bisnis semakin penting, namun harus diakui bahwa pandangan bahwa divisi TI sebagai cost center belum sepenuhnya berubah.

“Untuk itu kami menggagas ajang iCIO Award yang ditujukan  memberikan apresiasi kepada para CIO atau staf senior di bidang TI yang telah terbukti mampu memberikan nilai tambah dan menciptakan daya saing bagi organisasi sekaligus mendorong serta memotivasi mereka untuk memberikan kontribusi positif melalui pemahaman atas  kebutuhan perusahaan dengan menghadirkan dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi,” kata Harry.

Rencananya, iCIO Award 2014 akan dianugerahkan kepada para pemenang pada acara CTI IT Infrastructure Summit yang akan dilaksanakan pada 11 Februari 2014.
Saat ini lima belas nominator iCIO Award pertama yang diselenggarakan oleh iCIO Community   dan difasilitasi oleh CTI Group  telah memasuki tahap akhir penilaian tim juri iCIO Award 2014. Para nominator tersebut merupakan CIO  dan staf senior TI enterprise dari berbagai industri seperti  keuangan, manufaktur, ritel, transportasi  dan telekomunikasi di Indonesia.

“iCIO Award akan menjadi validasi yang tepat bagi pencapaian para CIO dan mereka yang memimpin divisi TI maupun kontribusi TI sendiri bagi organisasi bisnis di Indonesia,” tambah Suryadhi.

Salah seorang juri, Riri Fitri Sari mengatakan, dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis global yang semakin berbasis digital, CIO harus diberi peran yang lebih strategis dalam mengakselerasi perubahan di perusahaan.

“CIO harus menjadi penjaga efisiensi perusahaan dengan penyelesaian berbagai masalah berbasis TIK, dan menjadi pilar inovasi perusahaan. iCIO Award ini sangat bermanfaat untuk memetakan kondisi lokomotif perubahaan perusahaan di Indonesia dalam memanfaatkan perkembangan peran TI dalam bisnis global. Salah satunya dalam mengakselesasi dan mengoptimalisasi aplikasi mobile di perusahaan,” katanya.

Tak hanya menghelat iCIO Award,  CTI Group juga akan menggelar CTI IT Infrastructruse Summit 2014. Acara ini akan menghadirkan teknologi, platform, strategi dan berbagai hasil inovasi terkini. CTI IT Infrastructure Summit 2014 akan diselenggarakan pada 11 Februari 2014.

“CTI IT Infrastructure Summit 2014 merupakan acara pameran dan konferensi untuk infrastruktur TI terbesar di Indonesia. Tahun ini merupakan penyelenggaraan yang pertama. Kami berharap acara ini dapat memberikan kontribusi positif bagi para pelaku industri TI termasuk pelanggan dalam  menjawab tantangan perkembangan teknologi yang sedemikian dinamis,” kata General Manager Corporate Development & Communications CTI Group Suzan Zhang.(ct)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year