telkomsel halo

Bitcoin Tak Disarankan Sebagai Alat Transaksi di Indonesia

10:10:57 | 17 Jan 2014
Bitcoin Tak Disarankan Sebagai Alat Transaksi di Indonesia
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Bank Indonesia (BI) tak menyarankan masyarakat untuk menggunakan Bitcoin sebagai alat transaksi karena tak memenuhi kriteria undang-undang (UU) yang ada.

"Kita lihat saja UU yang berlaku di Indonesia terkait transaksi. Pertama, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 mengatur semua transaksi di NKRI harus menggunakan rupiah. Bitcoin rupiah atau bukan?" kata Deputi Gubernur BI Ronald Waas, kemarin.

Berikutnya,  Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang mengatur  seluruh layanan kepada publik yang menggunakan teknologi, maka alatnya harus memperoleh sertifikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Terakhir, undang-undang Mata Uang. Dalam UU Mata Uang tertulis jelas, bahwa alat pembayaran yang sah adalah rupiah. "Penggunaan bitcoin sebagai pembayaran melanggar undang-undang," tegasnya.

Diungkapkannya, BI telah melakukan kajian dan berkoordinasi dengan Kemenkominfo soal fenomena Bitcoin.  Namun demikian, ketika telah masuk ke ranah teknologi, BI mengaku tidak memiliki wewenang, lantaran teknologi sepenuhnya menjadi wewenang Kemenkominfo."Hal lain yang harus dikritisi, apakah bitcoin sudah memperoleh sertifikasi dari Kemenkominfo? Itu yang harus kita lihat sama-sama juga," katanya.

Lebih lanjut diungkapkannya, sejauh ini  belum ada pelaporan resmi mengenai keluhan masyarakat yang dirugikan oleh transaksi Bitcoin ini, namun pihaknya terus mengamati dinamika penggunaan mata uang virtual itu secara terus menerus.

Seperti diketahui, Bitcoin adalah sistem mata uang alternatif berbasis digital yang diperkenalkan tahun 2008 oleh programmer atau grup programmer dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Bitcoin sebagai alat transaksi memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Pemanfaatan Bitcoin di Indonesia cukup terbatas. Artabit kabarnya adalah  startup yang menawarkan Bitcoin sebagai media pembayaran untuk e-commerce, sementara situs Bitcoin Indonesia memberikan kemudahan bagi konsumen dalam negeri untuk membeli dan menjual Bitcoin.(ss)

English Version

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year