telkomsel halo

Q2-14, Kemenkominfo Gelar Tender 3G

09:32:31 | 08 Jan 2014
Q2-14, Kemenkominfo Gelar Tender 3G
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tengah mematangkan persiapan untuk tender 3G yang akan memperebutkan dua blok frekuensi atau masing-masing lima MHz di rentang 2,1 GHz.

Dua blok yang diperebutkan nantinya adalah blok 8 yang sebelumnya diduduki XL dan blok 12 yang ditempati Axis pada kuartal kedua 2014.

“Kita harapkan dua blok itu dikembalikan oleh XL dan Axis pada Februari, dengan catatan keduanya sudah menyelesaikan dulu pembayaran Biaya Hak Penggunaan (BHP) Frekuensi,” ungkap Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat dan Pos Informatika Kementerian Komunikasi M Budi Setiawan, belum lama ini.

Sebelumnya, Menkominfo Tifatul Sembiring mengungkapkan Axis memiliki tunggakan BHP frekuensi dan XL siap melunasinya. Besarannya mencapai Rp 1 triliun.

Diprediksinya, jika semua lancar maka lelang bisa digelar sekitar April atau Mei tahun ini. Harga dasar satu blok diperkirakan sama dengan lelang 3G terakhir ditambah dengan harga kekinian.

Kala itu, harga satu blok frekuensi  sekitar Rp 544 miliar. Angka ini terdiri dari dua kali upfront fee ditambah 20% dari harga lelang (Biaya Hak Penggunaan Frekuensi/ BHP tahun pertama). Pada 2012, Telkomsel dan XL menjadi pemenang tender.

Untuk tender kali ini Indosat sudah menyatakan minat ikut, sementara Telkomsel dan XL masih melakukan kajian.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year