telkomsel halo

Infrastruktur Internet Telkom Majukan Dunia Usaha di Daerah

11:20:57 | 07 Jan 2014
Infrastruktur Internet Telkom Majukan Dunia Usaha di Daerah
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Infrastruktur internet yang dimiliki PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) banyak digunakan oleh masyarakat di daerah-daerah untuk menjalankan usaha dan mendorong perekonomian.

"Perkembangan signifikan bisnis usaha kecil menengah mikro (UMKM) secara online tersebut tidak terlepas dari peran Telkom yang mampu mengakomodasi kebutuhan infrastruktur telekomunikasi di daerah-daerah. Harus diakui infrastruktur Telkom telah menjadi tulang punggung pendorong  UMKM di daerah, bahkan daerah remote, sangat membantu perekonomian masyarakat," ungkap Presiden Komunitas Tangan Di Atas (DTA) Muhammad Rosihan di Jakarta, Senin (6/1).

Diungkapkannya, jika pada dua tahun lalu bisnis online berpusat di ibukota, saat ini sudah berbalik. UMKM di daerah banyak yang sudah teredukasi menjalankan bisnis secara online."Orientasi UMKM di daerah menciptakan produk di daerah dengan biaya murah untuk kemudian menjualnya lewat internet,"katanya.
 
Sebelumnya, Menkominfo Tifatul Sembiring mengatakan ingin meningkatkan infrastruktur internet di daerah-daerah dan menaikkan kualitas aksesnya agar masyarakat di daerah bisa menikmati konten dan berusaha layaknya masyarakat perkotaan.

"Kita ada rencana menaikkan kualitas akses dari program Internet Kecamatan. Sekarang sedang dievaluasi," katanya.

Telkom sendiri adalah salah satu pemenang tender Mobile Penyedia Internet Kecamatan (MPLIK) dimana wilayah yang dilayani sebagian besar kawasan Indonesia Timur yang minim backbone internet berbasis serat optik. Telkom melayani wilayah yang dimenanginya dengan mengandalkan backbone dari satelit.

Saat ini untuk memperkuat backbone di kawasan Timur Indonesia Telkom tengah membangun serat optik yang menghubungkan Sulawesi Maluku Papua senilai Rp 1,7 triliun dan akan selesai pada semester kedua 2014.

Infrastruktur tersebut terdiri atas penggelaran Kabel Laut sepanjang 5.444 km dan Kabel Darat sepanjang 655 km.Infrastruktur ini mampu mendukung jaringan hingga kapasitas bandwidth 32x100 Gigabytes per fiber pair-nya.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year