telkomsel halo

Posindo akan Pompa Bisnis e-commerce

14:54:12 | 05 Jan 2014
Posindo akan Pompa Bisnis e-commerce
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko)  - PT Pos Indonesia (Posindo) akan memompa kinerja dari bisnis ritel online pasca meluncurkan layanan e-commerce Clearing House pada pertengahan Desember 2013.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini membangun portal galeripos.com dengan format e-marketplace. Untuk pembayaran online didukung layanan Pos2Pay.

“Keunggulan Pos2Pay, siapa pun bisa memiliki akun yang bisa digunakan untuk membeli dan menerima pembayaran. Pasalnya, top-up dan penarikan (withdrawal) dilakukan tidak cuma lewat bank dan ATM, tapi juga melalui kantor pos,” ungkap Direktur Ritel dan Properti Pos Indonesia Setyo Riyanto, kemarin.

Tak hanya bermain di ritel online, BUMN ini juga akan menggenjot bisnis ritel offline dengan akan membangun 600 gerai Post Shop. Aset tersebut memperkuat 300 gerai Post Shop yang telah berdiri selama 2013.

"Skema bisnisnya, kita bangun gerai dengan pelaku bisnis gerai ritel modern. Kami gandeng pemain seperti Indomaret, Alfamart, dan lainnya. Kita menyediakan tempat, isi dari gerai diisi para mitra, setelah itu bagi hasil. Selain itu kita perkuat dengan menjual benda pos dan layanan pembayaran tagihan listrik atau air," ungkapnya.

Sekadar catatan, pada 2014 Posindo memiliki target omzet sekitar Rp 4,8 triliun dengan dengan dukungan belanja modal sekitar Rp 300 miliar.

Selama ini kontribusi terbesar dalam bisnis Pos Indonesia masih dihasilkan dari segmen pengiriman surat. Hampir 4% atau sekitar Rp 1,97 triliun  dari target pendapatan tahun depan akan disumbang dari segmen bisnis ini, sementara sisanya terbagi atas jasa logistik, properti, dan benda pos. Khusus bisnis e-commerce tahun ini diharapkan bisa berkontribusi sebesar Rp 1,44 triliun.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year