telkomsel halo

Tencent Monetisasi WeChat dengan Smart TV

10:31:35 | 27 Dec 2013
Tencent Monetisasi WeChat dengan Smart TV
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Raksasa internet dari China, Tencent,  mulai menggarap pasar smart TV dalam rangka monetisasi aplikasi instant messaging WeChat.

Dikutip dari  The Next Web (26/12), aksi Tencent masuk ke smart TV tak bisa dilepaskan dari strategi perseroan yang ingin memindahkan kebiasaan pelanggan mengakses internet secara mobile ke rumah.

Fitur-fitur yang menarik ditawarkan oleh TV WeChat atau Weixin adalah pelanggan dapat memilih program  melalui aplikasi chatting, sehingga di rumah langsung bisa menonton siaran pilihan.  Pelanggan juga mengontorl TV melalui aplikasi WeChat tanpa perlu  remote control.

Tak hanya itu, pelanggan juga bisa mencantumkan saluran yang ditonton dalam statusnya. Dalam pengembangannya  akan ada fitur berbagi konten dan user generated konten.

Fitur yang dianggap inovatif adalah pelanggan bisa membayar langganan TV berbayar melalui aplikasi WeChat. Pada Agustus lalu Tencent memperbarui layanan pembayaran untuk WeChat dimana pelanggan bisa mengintegrasikan rekening banknya.

Tencent menggandeng anak usaha China Network Television, Future TV dan pabrikan Skyworth untuk menggarap Smart TV ini. Rencananya layanan tersebut akan diluncurkan di China pada31 Januri tahun 2014.

Saat ini secara global WeChat memiliki 272 juta pelanggan.Aplikasi social mobile berdasarkan riset dari GlobaWebIndex menjadi social app yang paling banyak di unduh pada beragam sistem operasi mobile. WeChat saat ini memiliki penetrasi 30% dari pengguna smartphone di Indonesia.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year