telkomsel halo

Jaringan XL Siap hadapi Lonjakan Trafik Liburan Panjang

15:24:30 | 24 Dec 2013
 Jaringan XL Siap hadapi Lonjakan Trafik Liburan Panjang
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – PT XL Axiata Tbk (XL) menyiapkan jaringannya menghadapi lonjakan trafik selama liburan Natal dan Tahun Baru 2014.

“Kami menyiapkan  jaringan  di kota-kota besar, serta daerah tujuan wisata termasuk di luar Jawa,” ungkap Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan dalam rilisnya.

Diungkapkannya, seperti halnya Lebaran, setiap tahun trafik selama liburan panjang akhir tahun, termasuk Natal dan Tahun Baru, selalu meningkat, baik untuk voice, SMS, maupun data serta internet.

“Untuk itu, kami pun sudah mengantisipasinya dengan menyiapkan jaringan sebaik mungkin di seluruh wilayah layanan XL, termasuk daerah-daerah di luar Jawa, agar pelanggan tetap nyaman dalam menghadapai liburan panjang nanti,” jelasnya.

Dijelaskannya,  XL sudah mulai mempersiapkan jaringannya dengan antara lain menaikkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat. Saat ini XL sehari-hari melayani trafik percakapan hingga 545 juta menit. Sementara untuk trafik SMS adalah 705 juta SMS, dan trafik data sebesar 250 Terabytes.

Diperkirakan sepanjang liburan panjang Natal dan Tahun Baru nanti akan terjadi lonjakan trafik hingga 5-10% dari trafik normal sehari-hari.

Jaringan XL didukung oleh teknologi yang canggih yang antara lain adalah MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional. Dengan menerapkan sistem pool ini, jaringan XL Axiata akan terlindung dari lonjakan trafik  pada  satu  lokasi tertentu  karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik. Inovasi ini telah diterapkan XL sejak lebih dari 3 tahun terakhir.

VP XL North Region Habib Mustain menambahkan,   kapasitas jaringan XL siap menerima lonjakan trafik hingga sekitar 2 kali dibandingkan hari-hari biasa. Sementara itu, untuk area tertentu, termasuk jalur utama pulang kampung, antara lain Tomohon, Manado, serta beberapa kota di Papua, XL juga sudah mengantisipasi kenaikan trafik semua jenis layanan.  

Saat ini jaringan XL di North Region XL diperkuat lebih dari 2.400 BTS 2G dan lebih dari 1.180 BTS 3G di wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Dari jumlah tersebut untuk wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua terdiri dari 1.180 BTS 2G dan sekitar 520 BTS 3G.

Sedangkan jumlah pelanggan XL pada Q3 2013 telah mencapai sekitar 3,7 juta pelanggan, di mana sekitar 50% pelanggan XL North berada di area Sulawesi, Maluku hingga Papua..
 
General Manager Sales Northern West XL Swandi Tjia  menambahkan,   masyarakat di daerah  Sumatera Utara khususnya Medan, Pematang Siantar, Simalungun dan Toba Samosir banyak yang merayakan Natal dan juga melakukan pulang kampung saat tahun baru.
Karena itu XL secara khusus juga telah melakukan antisipasi dengan meningkatkan kapasitas jaringan dan memastikan kualitas jaringan dengan baik sehingga lonjakan trafik saat libur Natal dan tahun baru bisa diatasi.

Saat ini jaringan XL di Sumatera Utara ditopang oleh sekitar 1.745 BTS (2G/3G) untuk melayani sedikitnya 2,9 juta pelanggan. Sementara itu, di seluruh Sumatera dan kepulauan di sekitarnya, layanan XL didukung oleh 6.592 BTS dengan total pelanggan 10.5 juta

Demi melayani total lebih dari 58 juta pelanggan secara nasional, saat ini jaringan XL di seluruh Indonesia diperkuat lebih dari 42.700 ribu BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G) dan juga jaringan backbone fiber optic yang membentang di sepanjang pulau Jawa dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke Bali, Lombok, Sumatera, Batam, Kalimantan dan Sulawesi.(ak)  

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year