telkomsel halo

Konsolidasi XL-Axis akan Bawa Berkah ke Pelanggan?

07:38:44 | 05 Dec 2013
Konsolidasi XL-Axis akan Bawa Berkah ke Pelanggan?
Hasnul Suhaimi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Manajemen PT XL Axiata Tbk (XL) menyakini aksi konsolidasi perseroan dengan PT Axis Telekom Indonesia (Axis)  akan membawa banyak manfaat bagi pelanggan keduanya.

”Aksi korporasi ini sekaligus akan memperkuat kemampuan XL dalam memberikan layanan yang semakin prima kepada pelanggan dan seluruh stakeholders. Dengan jaringan 2G dan 3G yang semakin maksimal, kualitas layanan kepada lebih dari 65 juta pelanggan akan jauh lebih baik dan cakupan jaringan akan lebih luas (better quality, wider coverage)," ungkap Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi, dalam rilisnya.

Menurutnya, pelanggan Axis akan tetap dapat menikmati tarif dan layanan yang sama, serta menarik untuk kalangan muda. “Selain tarif yang tidak berubah, pelanggan Axis nantinya juga dapat dilayani di XL Center (walk-in center).

Selain itu, pelanggan Axis bahkan dapat menikmati jangkauan layanan yang lebih luas di daerah seperti sebagian Sumatra, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah serta  kota Surabaya melalui kerjasama roaming nasional dengan XL,” tambah Hasnul.

Diungkapkannya, saat ini XL dan Axis terus berkoordinasi secara intensif untuk memastikan proses integrasi kedua perusahaan dapat berjalan mulus dan tidak mempengaruhi kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan kedua operator, sesuai dengan komitmen XL untuk tetap memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggan.

Sebelumnya, Menkominfo Tifatul Sembiring telah mengeluarkan rekomendasi teknis terkait konsolidasi XL dan Axis dimana merestui aksi korporasi tersebut dengan syarat frekuensi 3G milik keduanya masing-masing ditarik 5 MHz.

XL sendiri tengah menyiapkan semua langkah-langkah dan persyaratan yang harus ditempuh sesuai aturan.Termasuk memperoleh persetujuan dari regulator terkait dan pemegang saham XL melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa.

Salah satu yang ditunggu oleh XL  adalah hasil penilaian awal Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terkait aksi korporasi itu.

Dalam kajian lembaga pemeringkat Fitch belum lama ini diprediksi   jika akuisisi Axis mulus maka pangsa pasar pendapatan XL yang tadinya di posisi 19% naik menjadi 22%. Hal ini berarti XL menyalip Indosat yang selama ini menguasai pangsa pasar secara pendapatan sebesar 18%.

XL juga akan memiliki keuntungan di sisi frekuensi dengan ada tambahan sekitar 15 MHz di 1.800 MHz. Pasca akuisisi Axis, kepemilikan frekuensi XL di 1.800 MHz yang ideal untuk Long Term Evolution (LTE) menempel ketat Telkomsel yakni sama-sama 22,5 MHz.

Belum lagi tambahan 14 juta pelanggan Axis yang bisa mendatangkan pendapatan sekitar  US$ 260 juta dan penghematan di sisi belanja modal dan operasional sekitar US$ 800 juta.

Sedangkan kualitas layanan Axis sejak migrasi blok 3G usai pada Oktober lalu banyak dikeluhkan pelanggannya. Pemicunya adalah ditempatinya blok nomor 12 yang berdampingan dengan Smart Telecom dan belum selesainya restrukturisasi kontrak sewa dengan penyedia menara.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year