telkomsel halo

Soal XL-Axis, Menkominfo Tak Lagi Galau

08:35:31 | 29 Nov 2013
Soal XL-Axis, Menkominfo Tak Lagi Galau
Tifatul Sembiring (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Kabar gembira bagi pasangan XL dan Axis yang tengah dimabuk asmara.

Menkominfo Tifatul Sembiring sepertinya tak lagi galau dengan kedua pasangan ini dan bersiap mengeluarkan rekomendasi teknis yang sinyalnya menguntungkan XL dan Axis.

“Sepertinya kami tak akan ambil frekuensi yang dikembalikan XL-Axis itu secara maksimum. Kemungkinan yang akan diambil antara 5 MHz dan 10 MHz. Jika terlalu banyak diambil, proses merger mereka bisa batal. Sebab XL Axiata akan rugi, padahal mereka harus membayar utang Axis,"ungkap Tifatul di Jakarta, Kamis (28/11).

Seperti diketahui, Tim Adhoc yang dibentuk sang Menteri telah memberikan paparan pada akhir Oktober lalu.

Kabar beredar tiga opsi disodorkan ke Menkominfo yakni  pengembalian  pita selebar 5 MHz di frekuensi 2.100 MHz, pengembalian 5 MHz di frekuensi 1.800 MHz, dan  pengembalian pita lebar 5 MHz masing-masing di frekuensi 2.100 MHz dan 1.800 MHz.

Bahkan, terdapat juga opsi alternatif seandainya tiga opsi yang disodorkan rentan penolakan di industri atau oleh XL yakni menarik frekuensi selebar 5 MHz di 2,1 GHz dan 2,5 Mhz di 1.800 MHz.

Dari semua opsi yang ada, hanya satu opsi yang kemungkinan dihindari oleh XL yakni ditarik masing-masing 5 MHz di 2,1 GHz dan 1.800 MHz. Pasalnya, jika itu terjadi maka XL-Axis nantinya  hanya memiliki 17,5 MHz di 1.800 MHz.

Padahal, XL membutuhkan frekuensi ini guna menggelar Long Term Evolution (LTE). Sebuah alokasi yang tak ideal jika memliki alokasi di bawah 20 MHz mengingat LTE membutuhkan dedicated frekuensi lumayan besar.

Syarat
Tifatul menjelaskan, pengambilan spektrum frekuensi milik XL-Axis oleh pemerintah merupakan satu persyaratan dari proses akuisisi kedua operator. Apabila sejumlah frekuensi kedua operator sudah dikembalikan, maka pemerintah akan melelang frekuensi tersebut kepada operator lain.

"Kami juga memiliki kepentingan dengan konsolidasi XL-Axis, karena ada potensi pendapatan negara dari lelang frekuensi dan menyelamatkan pungutan Biaya Hak Penggunaan (BHP). Kalau Axis tak konsolidasi tahun ini mereka bangkrut, itu BHP Axis siapa yang nanggung nanti,” katanya.

Ditambahkannya, dalam klausul yang diberikan XL ke pemerintah, anak usaha Axiata itu berani menanggung kerugian Axis hingga dua atau tiga tahun mendatang, Nilainya sekitar Rp 9,6 triliun. Angka ini diluar mahar untuk mendapatkan Axis yakni US$ 865 juta.
   
Berdasarkan catatan, secara kinerja keuangan Axis hingga semester pertama 2013 masih negatif. Perseroan mendapatkan pendapatan Rp 1,489 triliun dengan kerugian sekitar Rp 1,624 triliun di semester pertama 2013.

Axis memiliki utang BHP frekuensi ke pemerintah sekitar Rp 200 miliar. Selain itu, juga ada kewajiban membayar BHP dua blok 3G yang dimilikinya dengan jatuh tempo pada Desember mendatang.
 
Sebelumnya, Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi mengatakan  target maksimal tuntasnya akuisisi terhadap  Axis  paling lambat pada Maret 2014. "Target minimal itu Desember ini. Tetapi kalau tidak bisa Desember, Maret semoga beres. Biar kita bisa menata bisnis,” ungkapnya.

XL dan Axis sendiri sejak conditional sales and purchase agreement (CSPA) dilakukan beberapa waktu lalu kian lengket. XL menolong Axis kala BTS miliknya dimatikan di  Surabaya oleh Protelindo dengan roaming nasional.

Tak hanya itu, dalam restrukturisasi kontrak sewa Axis dengan penyedia menara pun, XL ikut menyakinkan kala bernegosiasi.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year