telkomsel halo

TiPhone Pesan Smartphone ke Foxconn

08:32:57 | 28 Nov 2013
TiPhone Pesan Smartphone ke Foxconn
Hengky Setiawan (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) - PT TiPhone Mobile Indonesia Tbk (TELE) mengaku telah memesan sekitar 500 ribu unit smartphone ke Foxconn guna memperkuat pasar dari merek TiPhone di pasar Indonesia.

“Kita ada merek ponsel sendiri, TiPhone. Saat ini kita ingin masuk ke segmen smartphone dengan harga terjangkau yakni di kisaran Rp 500 ribuan. Untuk itu kita sudah pesan ke Foxconn agar membuat smartphone berbasis Android dan bisa diterima pada awal tahun depan,” ungkap Presiden Komisaris Hengky Setiawan di Jakarta, Rabu (27/11).

Diungkapkannya, pemasaran dari smartphone TiPhone nantinya akan dilakukan di Indonesia dan Malaysia. “Kita ikut mendukung ekspansi yang dilakukan Telkom di Malaysia. Nanti produk ini di-bundling dengan Kartu As dari Telin Malaysia dan Telkomsel di Indonesia,” jelasnya.

Ditambahkannya, perseroan juga akan memacu penjualan dari ponsel merek LG dan Samsung seiring beberapa distributornya telah diakuisisi. “Kita tahun depan itu bidik pertumbuhan usaha dobel digit. Kita pacu bisnis ponsel dan voucher. Di bisnis voucher kita ingin punya seribu toko pada tahun depan, itu artinya haru menambah sekitar 800 toko lagi. Strategi untuk bisnis voucher itu memang lebih banyak ke toko dan kios, bukan toko-toko besar di mall. Pendanaan nanti dari kas internal," katanya.

Sekadar catatan, perseroan hingga triwulan ketiga 2013 mendapatkan pendapatan bersih mencapai Rp 6,98 triliun atau naik 25,3%  dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai Rp 5,57 triliun.

Kontribusi utama pendapatan masih disumbangkan dari penjualan voucher dan kartu perdana yang mencapai Rp 5,71 triliun atau 81,8% dari total pendapatan. Sedangkan penjualan handset mencapai  Rp 1,197 triliun.

Naiknya pendapatan berdampak positif kepada  laba bersih hingga triwulan III yang dibukukan sebesar  Rp 203,9 miliar  atau naik sebesar 47%  dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai Rp 138,6 miliar.

Tahun ini TiPhone ingin kontribusi pendapatan dari penjualan ponsel sebesar 30%. Guna memuluskan target tersebut, TiPhone mengakuisisi sejumlah distributor. Perseroan mengambil alih PT Poin Multi Media Nusantara (PMMN), distributor Samsung yang berbasis di Bandung, Jawa Barat.Pada Juni 2013, Perseroan juga telah mengakuisisi distributor iPhone pada  yaitu PT Mitra Telekomunikasi Selular (MTS).  

Terakhir pada awal Oktober lalu, PT Perseroan  menyelesaikan proses akuisisi 99,99% saham PT Perdana Mulia Makmur (PMM), distributor resmi Samsung di Jabodetabek. Nilai transaksinya sebesar Rp 219,9 miliar.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year