telkomsel halo

Kantongi EMV, Moneta Siap Dukung Cashless Society

09:00:55 | 25 Nov 2013
 Kantongi EMV, Moneta Siap Dukung Cashless Society
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Langkah  PT Arkalogic Transaksi (Arkalogic) untuk menjadikan aplikasi pembayaran Moneta berbicara banyak di pasar domestik dan luar negeri seiring telah dikantonginya sertifikasi keamanan global dari Europay Mastercard Visa (EMV Certification).

“Aplikasi kami telah lolos ujian teknis, keamanan sekaligus komersial sehingga siap untuk bekerjasama dengan perbankan di seluruh dunia. Moneta bahkan menjadi solusi mobile payment teknologi pertama di Asia Tenggara yang mendapatkan sertifikasi EMV level 1 dan 2 secara bersamaan. Kepemilikan sertifikasi ini menjadikan Moneta akan dapat digunakan untuk kartu pembayaran berlogo MasterCard, Visa dan juga American Express,” ungkap Founder dan CEO Arkalogic, Aryo Karbhawono dalma rilisnya, kemarin.

Moneta merupakan aplikasi mobile untuk solusi transaksi keuangan. Aplikasi ini dapat digunakan pada handset bersistem operasi Android. Perseroan membidik pangsa pasar mobile payment sekitar 3%  mengandalkan layanan Moneta.

Rencananya, layanan dan aplikasi Moneta akan komersial pada Desember tahun ini. Untuk tahap awal perseroan akan fokus bekerja sama dengan merchant-merchant yang memiliki mesin EDC. Saat ini lebih dari sepuluh  merchant siap menggunakan layanan Moneta.

Diungkapkannya, perseroan belum lama ini   sukses mempresentasikan  Moneta pada ajang bergengsi FinovateAsia 2013 di Singapura pertengahan November ini.  

Finovate merupakan konferensi yang memperkenalkan solusi dan inovasi di industri finansial guna mempermudah dan memberikan nilai tambah bagi bisnis dan masyarakat.  

Dikatakannya, Moneta merupakan solusi yang ditawarkan oleh Arkalogic untuk mengatasi berbagai fragmentasi terhadap layanan keuangan baik di Indonesia maupun dunia.

Pasalnya, para pengembang sistem teknologi keuangan cenderung menghasilkan produk yang eksklusif, terfragmentasi satu dengan yang lain serta biayanya tidak efisien.

“Sistem Moneta yang terintegrasi, memungkinkan  untuk diadopsi secara cepat tidak hanya oleh perbankan, pedagang (merchants) namun juga konsumen kebanyakan, karena tiga keunikan utamanya yaitu mudah (user friendly), murah, dan memberdayakan (empowering). Prinsip teknologi yang baik adalah tidak boleh menciptakan diskriminasi, karena inovasi telah menjadi kebutuhan dari semua pelaku usaha,” katanya.

Chief Strategy Officer Arkalogic John Subroto Chard mengungkapkan dengan Moneta konsumen cukup memiliki satu akun namun dapat melakukan beragam transaksi seperti mobile commerce, mobile wallet, mobile payment (M-POS), dan mobile banking. Desain Moneta adalah plug and play sehingga compatible dengan semua teknologi yang ada saat ini tanpa hambatan (seamless experience).

“Jika menggunakan Moneta konsumen tidak perlu memiliki banyak kartu dengan password yang berbeda untuk bertransaksi,” tambahnya.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year