telkomsel halo

WeChat Kuasai 30% Pasar Smartphone

14:25:19 | 22 Nov 2013
WeChat Kuasai 30% Pasar Smartphone
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Instant Messaging dari China, WeChat didapuk sebagai  aplikasi social mobile  yang memiliki pertumbuhan sangat pesat  dengan tumbuh  1021% pada pengguna muda usia 16 hingga 19 tahun di seluruh dunia sepanjang Q1 hingga Q3 2013 ini.  

Berdasarkan riset dari GlobaWebIndex dengan lebih 100 juta akun telah terdaftar sebagai pengguna WeChat di seluruh dunia, aplikasi ini  menjadi social app yang paling banyak di unduh di banyak pasar aplikasi pada beragam sistem operasi mobile.

WeChat saat ini memiliki penetrasi 30% dari pengguna smartphone di Indonesia, dan telah melakukan banyak inovasi dan kerja sama bisnis yang saling menguntungkan.

Beberapa waktu lalu melalui kerjasama dengan KFC dan Tokobagus.com, WeChat menunjukkan bahwa social app dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari strategi pemasaran produk.

"WeChat telah berkembang di pesat sejak diperkenalkan ke pasar global. Keberadaannya tidak hanya sekadar menguasai  top chart unduhan di banyak pasar aplikasi, tapi juga mendominasi penggunaan mobile social app di kalangan anak muda, ini menunjukkan janji kami untuk memberikan aplikasi social app terbaik bagi pengguna di seluruh dunia,” Vice President International Business Group di Tencent Poshu Yeung.

WeChat pertamakali diperkenalkan di Indonesia melalui joint venture antara MNC dan Tencent pada 28 Februari 2013.  

Emarketer memperediksi ada sekitar 41,6 juta pengguna smartphone di Indonesia atau mencapai tingkat penetrasi 16,6% dari total populasi. Angka ini merupakan 24% dari total pengguna ponsel di Indonesia.

Sedangkan di China, WeChat juga dimanfaatkan untuk mobile commerce. Hal ini ditunjukkan oleh vendor Xiaomi yang tengah mencoba menjual produknya melalui aplikasi tersebut.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year