telkomsel halo

Merek Lokal akan Dorong Penjualan Tablet

11:15:00 | 17 Nov 2013
Merek Lokal akan Dorong Penjualan Tablet
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Lembaga riset International Data Corporation (IDC) memperkirakan pada tahun 2014 akan terjual sekitar 5 juta unit komputer tablet di Indonesia atau naik  38% dibandingkan 2013 yang sebesar 3,6 juta unit.

Hingga semester pertama 2013 sudah satu juta unit komputer tablet terjual di Indonesia. Merek lokal yang mulai bermain di komputer tablet menjadi  salah satu pendorong naiknya penjualan perangkat ini.

“Regulasi impor terkait gadget ternyata tidak menekan penjualan komputer tablet,”  ungkap Client Devices Market Analyst for Mobile Phone & Tablet  IDC Indonesia Darwin Lie, kemarin.

Diungkapkannya, naik pamornya komputer tablet menelan korban pada penjualan Personal Computer (PC) dan Notebook. Notebook diperkirakan terjual 3,6 juta unit pada tahun ini di Indonesia. Pada 2015, pengapalan komputer tablet lebih besar dibanding pasar notebook yakni di 6 juta unit sementara pengapalan notebook tetap di 5,5 juta unit.

Menurut Client Devices Market Analyst for PC & Monitor IDC Indonesia Deddie Sionader I  terdapat beberapa hal yang berpotensi menghambat pertumbuhan tablet di Indonesia pada tahun depan.

Misalnya, melemahnya rupiah terhadap dolar AS dan tingginya inflasi yang membuat konsumen Indonesia menjadi selektif dalam membelanjakan pengeluarannya.

Gairah Lokal
Di Indonesia sendiri berdasarkan catatan, vendor lokal memang muali banyak bermain di segmen komputer tablet setelah selama ini berkecimpung di featurephone dan smartphone.

Nama-nama merek lokal yang layak diapungkan adalah Evercoss, Advan, SpeedUp, Polytron, Tabulet, dan Mito .

Advan berencana membangun pabrik  komputer tablet di kawasan industri Candi, Semarang, Jawa Tengah. Perusahaan akan berinvestasi Rp 60 miliar-Rp 100 miliar dengan target produksi pada 2016.

SpeedUp berencana memasarkan produk komputer tablet seri Pad 7,85 ke empat negara pada akhir tahun ini yaitu  China, Sri Lanka, India, dan Uni Emirat Arab pada akhir tahun ini.  
Sedangkan Evercoss tengah menyiapkan membangun pabrik di Semarang, Jawa Tengah, dengan nilai investasi lebih dari Rp 1 triliun.

Evercoss baru saja  meluncurkan tablet terbarunya, AT8 . Tablet anyar ini merupakan yang kedua setelah AT1G diluncurkan pada September silam. AT8 akan siap di pasaran pada Desember mendatang dengan banderol Rp 2,3 juta.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year