telkomsel halo

Centrin Online akan Pacu Bisnis Menara

11:39:33 | 14 Nov 2013
Centrin Online akan Pacu Bisnis Menara
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Centrin Online Tbk (CENT) sepertinya akan memacu bisnis penyediaan menara di masa depan sebagai salah satu penopang pendapatan perseroan.

Dalam keterbukaan informasi perseroan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (13/11) dinyatakan akan digelar  rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 11 Desember mendatang untuk meminta persetujuan perubahan kegiatan usaha utama ke sektor bidang jasa dan investasi.

Sebelumnya, kegiatan utama perseroan bergerak di bidang usaha jasa telekomunikasi, multimedia, internet service provider, dan portal.

Kegiatan usaha baru itu termasuk pada jasa penyediaan, penyewaan, dan pengelolaan menara telekomunikasi (base tranceiver station/BTS) serta alat, sarana, atau instalasi penunjang telekomunikasi.

Selain itu juga ada jasa konsultasi manajemen, bisnis administrasi, strategi pengembangan bisnis dan investasi, serta melakukan investasi atau penyertaan terhadap perusahaan lain

Perubahan kegiatan usaha itu dilakukan dengan menambah kegiatan usaha berupa akuisisi menara, pembangunan menara, collocation yang dilakukan perseroan melalui anak usaha. Namun, akuisisi perusahaan juga dapat dilakukan langsung oleh perseroan.

Centrin  mulai merasakan gurihnya bisnis menara usai mengakuisisi Retower Asia pada awal tahun ini.

Hingga September 2013 perseroan berhasil mendapatkan pendapatan sebesar Rp 59,324 miliar atau naik 45% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp 41,026 miliar.

Pendapatan perseroan hingga triwulan ketiga 2013 berasal dari bisnis high speed internet sebesar Rp 29,244 miliar, sewa menara (Rp 18,214 miliar), calling card (Rp 3,030 miliar), dial up access (Rp 1,799 miliar), dan jasa lainnya.

Pada periode September 2012, bisnis sewa menara belum dimiliki oleh perseroan. Centrin bisa berbisnis sewa menara usai mengakuisisi Retower senilai  US$ 14.825 juta.  

Retower merupakan perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi terutama penyediaan situs operasi dan menara telekomunikasi.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year