telkomsel halo

XL Adopsi Teknologi 3G HD Voice

10:21:51 | 24 Okt 2013
XL Adopsi Teknologi 3G HD Voice
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – PT XL Axiata Tbk (XL)  meningkatkan kualitas layanan suaranya dengan mengadopsi teknologi  3G High Definition Voice (3G HD Voice). Fitur ini dapat meningkatkan kualitas suara agar lebih jernih pada saat pelanggan berkomunikasi.

Direktur Services Management XL Ongki Kurniawan mengharapkan tingkat kepuasan pelanggan selama menggunakan layanan  akan meningkat dengan adanya teknologi terbaru ini.

“Suara yang jernih dan seolah tanpa jarak akan memungkinkan orang untuk bercakap lebih intens dan mendalam, termasuk saat berbisnis maupun berbagi informasi. Pelanggan XL dapat menikmati manfaat penerapan teknologi canggih ini di seluruh jaringan XL 3G termasuk jaringan HotRod 3G+ yang tersebar di seluruh area di Indonesia,” katanya dalam rilis yang diterima Redaksi, kemarin.

Dijelaskannya, fitur dengan didukung perangkat berteknologi canggih ini mampu meningkatkan kualitas suara yang sangat jernih melalui jalur frekuensi yang lebih tinggi.

Pelanggan bisa mendapatkan pengalaman melakukan percakapan melalui ponsel seperti tak berjarak dengan lawan bicara meskipun ada di lokasi yang berjauhan.

Penggunaan frekuensi dengan aplikasi sebelumya adalah maksimum 3400 Hz, namun dengan telah diterapkannya fitur 3G HD Voice, frekuensi bisa ditingkatkan hingga dua kali lipat menjadi 7000 Hz. Teknologi ini juga telah diterapkan oleh 83 penyedia jaringan seluler di 61 negara di dunia dengan didukung oleh 245 ponsel pintar produksi dari berbagai negara.

Menurutnya, dengan penerapan teknologi 3G HD Voice, ini, bukan hanya pelanggan yang bisa mendapatkan benefit dalam berkomunikasi, tetapi juga dirasakan di jaringan XL secara umum.

Setelah XL menerapkan aplikasi ini sejak Maret 2013 silam, kualitas jaringan XL menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya. Selain itu, dari sisi perangkat jaringan, penerapan aplikasi ini dapat mengoptimalkan pemakaian kapasitas radio spektrum, yang berarti secara otomatis dapat meningkatkan kinerja dan kualitas jaringan XL.

Mobile HD Voice yang ditopang oleh AMR (Adaptive Multi Rate) teknologi Wideband (W-AMR) memungkinkan panggilan suara berkualitas tinggi dalam jaringan mobile dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Teknologi ini memungkinkan kualitas suara yang jauh lebih jernih untuk panggilan antarponsel yang mendukung fitur tersebut. Teknologi ini dapat diimplementasikan dalam GSM, WCDMA-HSPA dan LTE.

Teknologi ini mampu mentransmisikan spektrum yang lebih luas dari suara manusia, sehingga memungkinkan terjadinya percakapan yang lebih alami HD Voice juga membantu orang mendengar lebih baik di lingkungan yang bising.

Saat ini XL melayani lebih dari dari 54,2 juta pelanggan, dengan didukung jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia dan diperkuat lebih dari 41.293 BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G) juga jaringan backbone fiber optic yang membentang di sepanjang pulau Jawa dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke Sumatera, Batam, Bali-Lombok, Kalimantan dan Sulawesi.

Untuk dapat menikmati manfaat ini, khususnya bagi pelanggan yang sudah menggunakan handset 3G, harus terlebih dulu mengeset pilihan jaringan koneksi di handsetnya menjadi 3G.

Sekadar diketahui, di Indonesia PT Axis Telekom Indonesia adalah pionir dari teknologi ini dengan mengadopsinya pada Januari 2013. Jaringan HD Voice Axis tersedia di seluruh jaringan 3G di Jawa, Bali dan Lombok.(ct)  

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year