telkomsel halo

Garuda Matangkan Layanan WiFi di A330

11:10:13 | 17 Okt 2013
Garuda Matangkan Layanan WiFi di A330
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) terus melakukan ekspansi layanan WiFi ke armada Airbus 330 (A330) setelah sukses di pesawat B 777-300 ER.

“Kita sudah gelar layanan WiFi di B 777, berikutnya di A330.Sekarang tengah berunding tiga pihak yang terlibat untuk penyelenggaraan ini,” ungkap Direktur Layanan Garuda Indonesia Faik Fahmi di Jakarta, kemarin.

Diungkapkannya, ketiga pihak yang tengah berunding adalah Garuda Indonesia, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dan OnAir. “Kalau Garuda tinggal colok, nyala itu WiFi. Tetapi kan harus jelas dulu aspek komersialnya,” jelasnya.

Telkom bertanggung jawab dalam menyediakan hak labuh satelit Inmarsat serta Izin Stasiun Radio-nya untuk Airbus.Sedangkan OnAir adalah pemilik teknologi WiFI di Airbus.

Garuda sendiri memiliki sekitar 17 pesawat Airbus yang terdiri atas tipe  330-200 dan A330-300. Tiga dari 17 pesawat ini sudah siap memberikan akses WiFi. Rencananya akan ada lima pesawat tipe Airbus yang siap memberikan layanan WiFi hingga akhir tahun nanti.

Secara terpisah,  Direktur Enterprise Business Service Telkom Muhammad Awaluddin mengakui tengah menggodok aspek komersial dari akses WiFi untuk armada Airbus Garuda. “Memang sedang digarap. Nanti diinformasikan kalau sudah tahap finalisasi,” jelasnya.

Sebelumnya, Garuda mengkomersialkan layanan WiFi di  pesawat  B 777-300 ER. Akses WiFi bisa terselenggara berkat kerjasama dengan Panasonic dan Telkom.

Layanan ini  gratis untuk penumpang yang berada di kelas utama atau First Class. Sementara untuk penumpang di kelas lainnya dikenakan tarif berbayar dengan skema per jam atau selama perjalanan. Tarif yang dibanderol  per jam sebesar US$ 11,95, sedangkan  sekali perjalanan  US$ 21,95.

Garuda dikabarkan menyiapkan investasi sekitar US$ 17,5 juta guna membeli perangkat teknologi telekomunikasi di pesawat. Alatnya sendiri diperkirakan seharga US$ 250 ribu.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year