telkomsel halo

Siapkan US$ 3 juta, Indosat Pacu Kreatifitas Startup

08:50:44 | 10 Okt 2013
Siapkan US$ 3 juta, Indosat Pacu Kreatifitas Startup
Suasana peluncuran Ideabox (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – PT Indosat Tbk (ISAT) menyiapkan dana sekitar US$ 3 juta untuk mendukung program  inkubator bisnis startup ideabox.

Ideabox merupakan kelanjutan program Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC). Ideabox akan melakukan tahapan seleksi startup digital. Kemudian startup terpilih akan diberikan pendanaan, mentoring, dan fasilitas kantor.

Program ini berjalan selama tiga tahun didukung oleh vendor teknologi dan informasi, seperti Mountain Patners AG, Founder Institute, Cisco, Intel, Microsoft, dan Qualcomm. Ideabox akan memfasilitasi kantor, menyediakan pendanaan, konsultasi, dan pelatihan teknis bagi perusahaan starup untuk bisa mandiri.

“Kami akan menggelontorkan dana US$ 3 juta itu dalam kurun waktu tiga tahun,” ungkap Director for Digital & New Businesses, Strategy, and Planning Development Ooredoo sekaligus The Chief Venture Partner Tauseef Riaz di Jakarta, kemarin.

Dijelaskannya, dalam satu tahun inkubasi akan dibagi atas dua tahap. Satu tahap atau selama   enam bulan didanai sekitar US$ 500 ribu. Perseroan mengambil tiga startup pemenang dalam satu tahap dan tiga startup akan mendapat US$ 100 ribu untuk pengembangan bisnisnya.

“Perusahaan IT besar yang berasal dari Indonesia hampir tidak ada sehingga kami mendorong dengan menggandeng mitra yang sudah memiliki tradisi mengembangkan bisnis IT. Banyak bisnis IT berkembang berkat dukungan operator,” ujarnya.

Managing Partner Andy Zain mengatakan para mitra strategis yang digandeng akan menjadi mentor yang akan membagikan ilmu dan pengalaman dalam membangun bisnis aplikasi. Selain itu, para mitra itu juga bakal mendukung dengan jaringan yang sudah dimiliki sehingga aplikasi yang akan dibuat memiliki pasar yang kuat.

“Intinya aplikasi yang akan dibuat itu berhubungan dengan Internet dan mobile. Siapa saja bisa mendaftar dan kami akan melakukan seleksi,” ujarnya.

Technical Evangelist Developer & Platform Group Microsoft Indonesia Norman Sasono mengatakan banyak orang Indonesia yang bisa membuat aplikasi. Namun, cara pikir masih sangat lokal dan belum melihat potensi pasar global. Padahal potensi untuk menyasar pasar global sangat besar.

“Di Microsoft sendiri tercatat ada sekitar 200 perusahaan startup Indonesia submit ke Microsoft BizSpark. Rata-rata mereka membuat aplikasi game, jejaring sosial, dan aplikasi hiburan,” ujarnya.

Dikatakannya,  dukungan Microsoft untuk ideabox ialah menyediakan software dan layanan cloud computing secara gratis selama 3 tahun. “Keuntungannya jangka panjang karena kalau mereka berkembang menjadi perusahaan besar maka mereka bakal menjadi pelanggan Microsoft,” ujarnya.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year