telkomsel halo

Indosat Gandeng Fluidic Energy Demi Green Telco

09:37:45 | 09 Okt 2013
Indosat Gandeng Fluidic Energy Demi Green Telco
Penandatanganan kerjasama Indosat-Fluidic (DOK)
Angkasa Pura 2
NUSA DUA (IndoTelko) –  PT Indosat Tbk (ISAT) menggandeng Fluidic Energy  untuk menerapkan teknologi ramah lingkungan (Green Telco) di site-site telekomunikasinya.

Dalam rilis yang diterima Redaksi dinyatakan, Indosat akan  memanfaatkan perubahan teknologi yang telah  dipatenkan  Fluidic guna  membantu  penyediaan jaringan telekomunikasi yang handal melalui solusi tambahan daya atau power yang dikelola secara lengkap.

Solusi daya atau power Fluidic didasarkan pada teknologi baterai Zinc-Air yang telah dipatenkan dan merupakan terobosan besar pada penciptaan/pembuatan solusi daya/power tambahan yang baru, bersih dan cerdas.

“Dengan mengadopsi solusi dari Fluidic, Indosat secara substansial telah mengurangi emisi CO2 dari genset diesel dan polusi air tanah dari baterai timbal yang biasa digunakan sebagai sumber daya untuk site telekomunikasi selama ini,” ungkap President Director & CEO Indosat Alexander Rusli.

Selain menerapkan baterai Zinc-Air dalam proyek ini, program penghematan pemakaian energi telah dilakukan antara lain dalam penggunaan BTS hemat energi dengan menempatkan peralatan pemancar radio di tiang menara yang merupakan bagian dari program modernisasi jaringan, serta penggunaan BTS tenaga surya di berbagai remote area yang belum terjangkau energi listrik/PLN.

Berbagai inisiatif dan upaya Indosat ini, Indosat telah mendapatkan penghargaan dari berbagai pihak antara lain  Indonesia Green Award 2013 dari Yayasan La Tofi untuk penerapan baterai cadangan BTS ramah lingkungan dan penghargaan internasional Global Telecoms Business Innovation Awards 2013 dari Global Telecom Business untuk keberhasilan mengatasi hambatan biaya, backhaul dan daya dalam menggelar BTS dengan tenaga surya sebagai solusi pedesaan untuk masalah pedesaan.(ss)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year