telkomsel halo

Telkomsel Bersiap Bawa Trial LTE ke Jakarta dan Surabaya

09:26:01 | 09 Okt 2013
Telkomsel Bersiap Bawa Trial LTE ke Jakarta dan Surabaya
Alex J Sinaga (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Sukses menggelar  trial atau uji coba  Long Term Evolution (LTE) selama KTT APEC 2013 tak membuat Telkomsel berpuas diri. Penguasa pasar seluler nasional ini berencana membawa trial tersebut ke Jakarta dan Surabaya tak lama lagi.

“Rencananya begitu. Usai di Bali ini kita mau trial di Jakarta dan Surabaya. Soalnya pemerintah ingin buka peluang usaha untuk LTE sebentar lagi,” ungkap Direktur Sales  Telkomsel, Mas'ud Khamid, kemarin.

Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga menambahkan, dalam menggelar trial LTE selama KTT APEC 2013 perseroan melayani  Inbound Roamers   dengan empat operator besar dari Asia, yaitu SingTel (Singapura), CSL (Hong Kong), Globe (Filipina), dan Mobily (Saudi Arabia).

Selama periode uji coba, para delegasi luar negeri yang menggunakan layanan operator-operator tersebut sudah dapat menikmati layanan Roaming LTE.

Uji coba layanan 4G LTE Roaming diantaranya meliputi Internet browsing, SMS dan voice (Circuit Switch Fall Back) dan Video Conference. Terdeteksi pada uji coba yang dilakukan di cakupan BTS-BTS 4G LTE Trial di kawasan area penyelengaraan KTT APEC 2013, kecepatan browsing rata-rata berkisar antara 10 Mbps hingga 20 Mbps.
 
“Suksesnya uji layanan ini merupakan bukti kesiapan jaringan Telkomsel dalam melayani 4G LTE Roaming secara komersial dengan para mitra operator luar negeri. Selain itu hal tersebut juga menunjukkan bahwa Telkomsel memiliki kompetensi di teknologi 4G LTE yang sesuai dengan standar internasional,“ kata Pria yang akrab disapa AJS ini.

Dalam uji coba tersebut, Telkomsel terkoneksi dengan jaringan LTE Roaming Partner melalui dua IPX Carrier, yaitu Telin (Telkom International) dan Aicent. Beberapa model ponsel yang telah berhasil Lock-Up ke jaringan 4G LTE Trial Telkomsel diantaranya adalah iPhone 5, Android (Support LTE), Blackberry (OS.10), dan Nokia Lumia (Support LTE).

Telkomsel menggelar  uji coba 4G LTE di pita 1800 MHz selebar 5MHz pada KTT APEC 2013 ini, dengan dukungan   sebanyak 39 eNodeB (BTS 4G LTE)  mencakup  seluruh lokasi strategis terkait KTT APEC yang meliputi antara lain Bandara Ngurah Rai, BNDCC (Bali Nusa Dua Convention Center), BICC (Bali International Convention Center), Hotel Sofitel, sepanjang jalan utama menuju Nusa Dua, dan sekitarnya.

Perseroan juga menyiapkan 5.000 kartu perdana khusus simPATI APEC 4G Trial untuk melayani kebutuhan komunikasi delegasi negara, tamu, dan peserta KTT APEC 2013 yang ingin menikmati layanan telekomunikasi berkecepatan tinggi.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year