telkomsel halo

Seagate Andalkan Teknologi HAMR

07:43:09 | 03 Okt 2013
Seagate Andalkan Teknologi HAMR
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Produsen hardware penyimpan data, Seagate Technology, menawarkan solusi   heat assisted magnetic recording (HAMR) untuk dapat menembus batas pencapaian magnetic recording pada 2020 dengan menggerakan drive berkapasitas 20 TB (terabyte).

“Teknologi ini untuk mengantisipasi terus tumbuhnya penyimpanan data," kata Seagate Chief Technology Officer Mark Re, dalam keterangannya.

Dijelaskannya, teknologi HAMR Seagate  terus berupaya meningkatkan densitas areal lewat produk hard drive dengan biaya per gigabyte terhemat sekaligus mencapai kapasitas 20 TB pada 2020. Kini, teknologi (SMR) shingled magnetic recording terdepan milik Seagate tengah dipasarkan.

Seagate melalui HAMR  mencoba menembus ambang batas kapasitas penyimpanan data demi memenuhi kebutuhan dunia akan penyimpanan data, yang dipicu semakin maraknya penggunaan cloud dan mobile. HAMR memegang peranan penting dalam meningkatkan kinerja densitas areal dan memperluas kapasitas penyimpanan.

HAMR memanaskan medium dengan memancarkan sinar laser tepat di lokasi perekaman data. Ketika dipanaskan, medium dipermudah dalam menulis data, dan proses pendinginan yang terjadi setelahnya menstabilisasi data yang telah ditulis tersebut. Proses heat-assisted recording ini memungkinan densitas perekaman yang jauh lebih tinggi.

HAMR  dipadukan dengan jajaran magnetis yang dibangun oleh partikel platinum-besi, diharapkan untuk mampu menembus batas perekaman magnetis hingga 100 kali lipat dengan memberikan densitas penyimpanan hingga 50 terabit per inci persegi.
 
Bayangkan, jika ada perpustakaan digital berisi seluruh buku yang pernah ada di dunia hingga sekarang memakan kapasitas hingga hampir 400 TB, maka di masa depan, semua data tersebut bisa disimpan di dalam hanya 20 buah drive HAMR.

Teknologi HAMR generasi terbaru dari Seagate akan disertakan ke dalam drive enterprise 2,5 inci dengan kecepatan putar sebesar 10K RPM.
HAMR dirancang khusus untuk pemakaian enterprise, ideal untuk pemakaian drive di lingkungan blade server.(ct)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year