Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Qualcomm Siap Bangun Ekosistem TDD LTE di Indonesia

12:41:19 | 26 Sep 2013
Qualcomm Siap Bangun Ekosistem TDD LTE di Indonesia
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2

JAKARTA (IndoTelko) - Kian dekatnya kehadiran Time Division Duplex Long Term Evolution (TDD LTE) di Indonesia menjadikan banyak vendor mulai merapat ke pihak-pihak yang akan mengembangkan teknologi tersebut.

Salah satunya adalah vendor chipset, Qualcomm, yang selama ini dikenal dengan produk Snapdragon.

Country Manager Qualcomm Indonesia Ben Siagian mengakui tengah  terlibat pembicaraan dengan pihak-pihak yang akan menggelar TDD LTE di Indonesia.

"Saya memang dengar kabar TDD LTE akan hadir sebentar lagi di Indonesia. Kita memang sudah melakukan pembicaraan dengan pihak-pihak yang terlibat," ungkapnya di Jakarta, Kamis (26/9).

Diungkapkannya, selama ini Qualcomm sebagai pengembang chipset memang selalu berkolaborasi dengan pemilik infrastruktur, penyedia jaringan, manufaktur CPE.

"Saya rasa TDD LTE itu bagus dan produk-produk kita siap mendukung," tambahnya.

Menurutnya, TDD LTE di frekuensi 2,3 GHz lumayan menjanjikan mengingat negara dengan populasi besar seperti China atau India mengadopsi teknologi tersebut.

"Bisa dibayangkan jika China mengembangkan ini dengan populasinya, itu artinya volume akan terbangun. Kalau sudah seperti  itu tentu ekosistemnya akan lebih cepat," katanya.

Seperti diketahui, operator Broadband Wireless Access (BWA) yang akan menggelar TDD LTE tak lama lagi adalah First Media. Perseroan mendapatkan dukungan jaringan secara end to end dan vendor financing dari Huawei.

Sebelumnya, Direktur Pemasaran Huawei Indonesia Mark Donelly mengungkapkan untuk mengembangkan TDD LTE hal yang perlu diperhatikan adalah masalah ekosistem dan mitra roaming.   

“Ekosistem untuk TDD LTE di dukung lebih dari 32 TDD Chipsets, 163 model perangkat termasuk 20 telepon genggam pintar, termasuk di dalamnya Samsung Galaxy S3/S4, HTC one, Huawei Ascend D2, serta Media Pad Huawei,” katanya.

Sejauh ini TDD LTE telah dioperasikan  di Brasil, Rusia, India, Cina dan Afrika Selatan, Jepang, Australia, Amerika Serikat dan lain-lain.

"Terdapat juga 41 jaringan komersial LTE TDD lintas 6 benua yang sudah digunakan dan sekitar 200.000 blok frekuensi yang telah diterapkan. Sejumlah 500.000 BTS akan didirikan pada tahun 2014, dan akan melayani kebutuhan telekomunikasi sekitar 2 milyar penduduk," jelasnya.(id)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Sah! Indosat dan Tri merger
Telkom Digital Permata