telkomsel halo

Minim Produk Baru, Target Penjualan Tablet Direvisi

11:53:00 | 31 Aug 2013
Minim Produk Baru, Target Penjualan Tablet Direvisi
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Minimnya produk komputer tablet baru yang dikeluarkan vendor global menjadikan penjualan perangkat yang banyak diminati masyarakat itu akan terkoreksi pada akhir tahun nanti.
 
Setidaknya itu tercermin dari riset terbaru yang dikeluarkan oleh International Data Corporation (IDC) terbaru seperti dikutip dari ZDNET belum lama ini.

IDC memprediksi tahun ini akan terjual sekitar 227,3 juta unit tablet di pasar global terkoreksi 2 juta unit dari kalkulasi sebelumnya yang sekitar 229,3 juta unit. Walau terkoreksi, tetapi  pertumbuhan tablet tahun ini masih di atas 50 persen jika dibandingkan tahun lalu.

Revisi dilakukan karena minimnya pengumuman tablet selama beberapa bulan ini. Alhasil, perlambatan terjadi pada kuartal kedua tahun ini. Pasar diperkirakan masih mengantisipasi peluncuran tablet iPad kelima.

Pertumbuhan permintaan tablet bakal didorong permintaan dari China, yang diperkirakan masih akan lebih tinggi dari pertumbuhan di negara-negara lain.

Pasar PC
Sementara itu untuk pangsa pasar pengapalan Personal Computer (PC)  diprediksi bakal menurun hingga 9,7%.  Pemicunya, karena manufaktur mengurangi pengapalan komputer desktop dan notebook ke negara-negara berkembang.

Pengurangan ini terjadi karena melonjaknya permintaan produk kompetitor yaitu ponsel dan tablet. Penurunan ini diprediksi bakal berlanjut hingga 2014 dan baru akan mulai tumbuh pada 2015 meski hanya satu digit.

Pangsa pasar seperti Brasil, Rusia, India, Indonesia dan Cina, memang telah berubah dalam dua tahun terakhir ini.

Penolakan komputer pribadi dan notebook pada pasar berkembang ini lebih kuat dibandingkan pasar maju.Konsumen bisnis diprediksi bakal mulai melirik sistem operasi diluar Windows 7, yang saat ini masih populer, ke depannya.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year