telkomsel halo

Huawei dan ZTE Kuasai Tender 4G di China

13:47:39 | 24 Aug 2013
Huawei dan ZTE Kuasai Tender 4G di China
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Huawei dan ZTE dikabarkan menjadi penguasa pasar untuk tender 4G yang tengah digelar di China Mobile.

Dikutip dari Cellular-News (23/8),  operator  China Mobile telah menyerahkan pengerjaan proyek  TD-LTE senilai  US$ 3,2 miliar kepada dua vendor tersebut.

Sementara vendor asal Eropa seperti Ericsson, Alcatel-Lucent, dan NSN hanya kebagian sekitar 10% dari kontrak. Sisa 20% dari nilai kontrak tidak diketahui pemenangnya. Hal yang pasti, proyek dari China Mobile ini salah satu yang ditunggu oleh vendor-vendor dunia.

Kontrak yang dilepas ini adalah tahap pertama dari total   US$ 6,7 miliar untuk proyek infrastruktur 4G tahun ini. China Mobile mengharapkan membangun  207 ribu BTS 4G yang bisa mendukung layanan TD-LTE.

Diharapkan TD LTE akan berkembang dari 15 kota menjadi  100 kota dan melayani sekitar 500 juta orang di China.

Sebelumnya, Informa Telecoms & Media dalam riset terbarunya mengungkapkan, Huawei, dan Ericsson, menjadi penguasa dari pasar kontrak Long Term Evolution (LTE) yang telah dikomersialkan di 184 jaringan operator di seluruh dunia.

Huawei mendapatkan sekitar  40% dari kontrak untuk pembangunan LTE, diikuti Ericsson (34%), NSN (17%). Sisanya dikuasai Alcatel-Lucent, ZTE, Samsung, dan  NEC di kisaran 9%.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year