telkomsel halo

Axis: Kami Siap Gelar LTE di 40 kota

09:27:07 | 21 Aug 2013
Axis: Kami Siap Gelar LTE di 40 kota
Daniel Horan (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Axis Telekom Indonesia (Axis) menegaskan siap menggelar teknologi Long Term Evolution (LTE) tanpa harus menunggu tahun depan jika diizinkan oleh pemerintah.

“Kami siap gelar LTE di 40 kota. Syaratnya izinkan kami menggelarnya. Kita mau uji coba saja pada April lalu dilarang. Padahal jika itu diijinkan, Anda sudah merasakan LTE sekarang,” ungkap Chief Marketing Officer Axis Daniel Horan di Jakarta, kemarin.

Diungkapkannya, saat ini Axis sudah memiliki sekitar 10 ribu BTS yang siap menggelar LTE karena infrastruktur yang dibangun memang dikonsep untuk antisipasi teknologi ke depan. “Semuanya sudah ada di sana, bahkan billing engine. Masalahnya kan tidak diijinkan untuk uji coba. Anehnya, salah satu operator besar diijinkan oleh pemerintah melakukan uji coba pada Oktober nanti,” keluhnya.

Dikatakannya, bagi operator lapis kedua seperti Axis, menerapkan LTE sesuatu yang penting karena menjadi alat pembeda dalam persaingan dan bisa menekan investasi agar tarif kian terjangkau ke pelanggan.  

“Sekarang kita belum mengajukan kembali untuk uji coba,”ungkapnya

Sebelumnya,  Axis  ingin menggelar LTE di 1.800 MHz pada April lalu, tetapi dilarang Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) karena  akan menganggu layanan milik operator lainnya.

Kala menolak keinginan ujicoba LTE milik Axis  regulator beralasan lebih memilih penataan secara menyeluruh dulu di  band 900 MHz, 1800 MHz, dan 2100 MHz.
    
Rentang frekuensi 1.800 MHz memang lumayan longgar bagi Axis. Tercatat, di 1.800 MHz Telkomsel memiliki 22,5 MHz, Indosat 20 MHz, XL 7,5 MHz, Axis 15 MHz, dan Hutchinson CP Telecom 10 MHz.
 
Perseroan berencana untuk menggelar uji coba di dua kota yakni Jakarta dan Jawa Barat, dengan menggunakan  base station Huawei dan handset milik Nokia.  

Pemerintah sendiri dalam uji coba LTE terkesan tak konsisten. Di satu pihak menolak langkah Axis, tetapi meloloskan niat Telkomsel menggelar uji coba kala konferensi APEC di Bali, pada Oktober nanti.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year