Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Bisnis Video Analitik Menjanjikan

09:24:46 | 21 Aug 2013
Bisnis Video Analitik Menjanjikan
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Bisnis video analitik diyakini akan menjanjikan seiring terus berkembangnya  big data.

“Video analitik makin popular di Indonesia. Teknologi ini akan memberikan manfaat banyak bagi industri teknologi informasi di Indonesia,” ungkap Country Manager NetApp Indonesia, Steven Law.

Dikatakannya, untuk dapat mengantarkan solusi video analitik yang terbaik kepada para pelanggannya,  harus dapat memenuhi tuntutan esolution (resolusi), retention (penyimpanan), dan reliability (keandalan).

NetApp Video Storage Solution menyediakan jajaran sistem penyimpanan eksternal lengkap yang dirancang untuk memenuhi tantangan video saat ini dengan memberikan kapasitas, kecepatan, dan daya tahan yang tinggi.

Selain itu, NetApp memenuhi tuntutan bisnis dengan menyediakan solusi penyimpanan dengan desain modular, kepadatan tinggi, dan skalabilitas.

"Termasuk memenuhi tuntutan akan reliability dengan solusi storage yang dirancang untuk menyediakan keandalan dan ketersediaan yang tinggi," kata Steven.

Menurutnya, video analitik lebih dari sekedar keamanan. Dengan kemampuan change detection dan tracking tools, video analitik dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam aplikasi, seperti smart city management, traffic monitoring, dan flood prevention system.

Dikatakannya, teknologi ini layak diimplementasikan di  bidang manufaktur karena  diuntungkan lewat kendali mutu produk yang lebih baik berkat analisis gambar. Hal yang sama juga terjadi pada industri perminyakan dan gas. Keduanya menjadi lebih produktif dan aman berkat pengawasan kondisi saluran pipa yang lebih baik.

Namun, diakui Steven, hanya sedikit industri merasakan potensi manfaat video analitik. Pasalnya, video analitik memerlukan infrastruktur server dan storage yang memiliki performa yang tinggi.(ct)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year