telkomsel halo

Biznet dan Telkom Adu Kualitas di APEC 2013

14:44:56 | 20 Aug 2013
Biznet dan Telkom Adu Kualitas di APEC 2013
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Ajang  Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik atau KTT APEC di Nusa Dua, Bali pada Oktober 2013 mendatang ternyata tak hanya menjadi ajang berkumpul para pemimpin negara.

Perang kualitas layanan di sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sepertinya akan tersaji di ajang bergengsi itu.

Sejauh ini dua pemain besar di sektor TIK telah mengumumkan kesiapannya menyambut ajang bergengsi tersebut. Telkom jauh hari sudah mengumumkan siap  menyajikan layanan TIK yang berkualitas. 

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut rencananya akan menyiapkan jaringan fiber optic (FO) ke seluruh lokasi venue dan Media Center, access point WiFi yang menjangkau  semua lokasi mulai dari bandara hingga semua hotel tempat delegasi tinggal selama di Bali.
 
Khusus untuk media centre yang diestimasi akan dihadiri lebih dari tiga ribu  awak media lokal dan internasional, Telkom telah menyiapkan layanan data dan internet dengan bandwidth unlimited, access point WiFi full coverage di seluruh venue event, Free IDD call, Mobile SNG untuk broadcaster, dan jaringan privat ke semua lokasi venue. Tak hanya itu, Telkom juga akan menghadirkan jaringan seluler LTE 4G melalui Telkomsel.

Ditantang Biznet
Telkom ternyata tak sendiri di APEC 2013, Biznet Networks yang selama ini dikenal sebagai salah satu operator telekomunikasi dan Multimedia Fixed Line terdepan di Indonesia mengaku juga siap menyediakan layanan Internet, Data Center dan TV Kabel dalam hajatan tersebut.
 
“Untuk persiapan menyambut APEC, secara infrastruktur fiber optic di kawasan Bali khususnya daerah Nusa Dua sudah siap,” kata Presiden Direktur Biznet Networks Adi Kusma dalam rilisnya yang diterima redaksi.

Diungkapkannya, beberapa hotel dan convention center sudah terkoneksi dengan jaringan Biznetyang mampu menyuguhkan layanan komunikasi data, Internet ultra cepat dan TV kabel berkualitas high definition.

Dikatakannya, untuk menjamin keamanan jaringan Internet-nya, Biznet telah mengimplementasikan Internet Protocol version 6 (IPv6).

IPv6 adalah protokol Internet generasi terbaru yang menggantikan protokol versi sebelumnya (IPv4). IPv6 memiliki keamanan yang lebih handal karena dilengkapi dengan optional sekuriti IPSec yang dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF). Dengan IPSec, seluruh data yang masuk kedalam jaringan Internet Biznet dapat di enkripsi sehingga keamanannya terjamin.

Dijelaskannya,   saat ini Biznet memiliki kapasitas bandwith Jakarta-Bali beberapa Gbps (Gigabit per second) dan jaringan fiber optic  di wilayah Bali sepanjang 500 Kilometer (KM) sehingga optimistis mampu mendukung kebutuhan layanan Internet selama kegiatan APEC mendatang. "Untuk kapasitas itu sudah ready sejak saat ini," tegasnya.

Sementara itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan KTT APEC tersebut seperti gangguan layanan Internet, Biznet telah menyiapkan jaringan yang didesain secara redundant sehingga meminimalkan potensi gangguan yang mungkin akan terjadi. "Selain itu tim support kami akan selalu standby selama 24 jam," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Adi,  kebutuhan Internet di Bali akan terus mengalami pertumbuhan dikarenakan pasar pariwisata Bali juga semakin meningkat yang dibuktikan dengan jumlah hotel dan residence orang asing yang terus bertambah, dimana setiap tahun diperkirakan ada kenaikan 30% – 40%.

Kedepan, Biznet masih akan terus memperluas cakupan wilayah layanannya di daerah Bali, dimana untuk jaringan fiber optic Biznet sudah ada di berbagai lokasi seperti kawasan wisata terpadu BTDC, Nusa Dua, Denpasar, Tanjung Benoa, Jimbaran, Kuta, Legian, Seminyak, Sanur, Ubud dan Sayan. Direncanakan pengembangan jaringan akan berlanjut ke arah Canggu, Brawa dan Uluwatu.

Adi berharap pada akhir tahun 2013 ini, Biznet bisa mengembangkan jaringan FO sejauh 1,000 km. “Kita terus mengembangkan ke daerah-daerah baru yang ada di Bali," tuturnya.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year