telkomsel halo

Penjualan Tablet Melambat Menunggu iPad Baru

22:48:32 | 07 Aug 2013
Penjualan Tablet Melambat Menunggu iPad Baru
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Apple boleh saja pangsa pasarnya menurun di segmen komputer tablet. Tetapi tidak demikian dengan pesona produk yang dimilikinya.

Hal itu bisa terlihat dari laporan terbaru IDC untuk kuartal kedua 2013 bagi produk tablet dimana tercatat ada 45,1 juta unit komputer tablet yang dikapalkan selama periode tersebut.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan jika dilihat secara tahunan sebesar 59,6%, tetapi jika dilihat per kuartal terjadi penurunan 9,7%.

Menurut Direktur penelitian untuk tablet di IDC Tom Mainelli penurunan pengapalan tablet karena konsumen tengah menunggu datangnya produk baru dari Apple, iPad versi terbaru.

Apple selama kuartal kedua ini hanya mengapalkan  14,6 juta unit tablet turun dari kuartal pertama 2013 sebanyak 19,5 juta unit. Pangsa pasar Apple di segmen ini juga turun dari 60,3% periode kuartal kedua tahun lalu menjadi  32,4% di kuartal kedua 2013.

Apple belum memiliki produk baru yang meluncur ke pasar sejak tahun lalu,  selain laptop MacBook Air.

Di posisi kedua ada Samsung yang mengapalkan 8,1 juta unit tablet, turun dari 8,6 juta unit di kuartal pertama 2013 dengan penguasaan pangasa pasar  18%. Berikutnya ada Asus yang mengapalkan 2 juta unit turun dari kuartal pertama sebanyak 2,6 juta unit dengan pangsa pasar 4,5%.

Kabar menggembirakan bagi Lenovo dimana akhirnya mampu menembus 1,5 juta unit pengapalan dan menguasai  3,3%, diikuti Acer dengan 1,4 juta unit dengan 3,1% pangsa pasar.

Sistem operasi Android menguasai pangsa pasar tablet sebanyak  62,6% diikuti  iOS (32,5%), dan Windows (4,5%).

Diperkirakan pengapalan dari tablet akan kuartal keempat tahun ini, didorong iPad yang sudah diperbarui dan produk-produk baru yang diperkirakan berasal dari beberapa perusahaan, termasuk Amazon.com Inc.

Sebelumnya, pada Mei lalu IDC memprediksi pengapalan tablet melampaui komputer personal pada 2015. Pemicunya,  konsumen memilih untuk membeli iPad yang berharga lebih rendah dan berukuran lebih kecil.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year