telkomsel halo

Migrasi Blok 3G Molor, Telkomsel Santai

5:56:36 | 01 Aug 2013
Migrasi Blok 3G Molor, Telkomsel Santai
Alex J Sinaga (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) - Penguasa seluler nasional, Telkomsel, menanggapi santai molornya jadwal migrasi blok 3G seiring gagalnya Axis menepati jadwal yang disepakati.

"Kami dengar memang jadwal 28 Juli kemarin tak bisa dipenuhi. Kita memahami migrasi itu tidak mudah, selalu saja ada gangguan. Kita pernah juga mengalami interferensi, tetapi tidak major," ungkap Direktur Utama Telkomsel Alex J Sinaga, kemarin.

Alex dimintai tanggapannya terkait gagalnya Axis memenuhi migrasi blok frekuensi 3G sesuai jadwal yang ditetapkan bersama Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yakni pada 28 Juli 2013.

Pasalnya, sekitar 1.935 BTS 3G atau 58% dari total site terkena  interferensi dari sinyal PCS 1.900 milik Smart Telecom yang berujung turunnya kualitas layanan.

Padahal, migrasi blok 3G yang melibatkan lima operator tak akan sukses jika Axis gagal migrasi. Pasalnya, empat operator lainnya menunggu blok yang ditinggalkan Axis untuk diisi ibarat bermain puzzle. Empat operator lainnya yang terlibat adalah Telkomsel, Indosat, Tri, dan XL.

Secara berurutan, migrasi 3G dimulai dari Axis dengan memindahkan blok 2 dan 3 ke blok 11 dan 12. Blok 2 yang ditinggalkan akan ditempati oleh Hutchison 3 Indonesia (Tri) dan blok 3 ditempati Telkomsel.

Kemudian, blok 6 yang ditinggalkan Tri akan ditempati Indosat, sementara blok 8 peninggalan Indosat akan ditempati oleh XL Axiata.

Urutan baru setelah migrasi dari 12 blok yang ada di 2,1 GHz ini menjadi Tri 1-2, Telkomsel 3-4-5, Indosat 6-7, XL 8-9-10, dan Axis 11-12. Sejauh ini proses migrasi, baru mencapai 20% dari target terselesaikan.  

Sejauh ini Telkomsel telah menggunakan blok ketiganya di Aceh Lampung, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Selatan. Sedangkan masih 18 provinsi yang belum dihidupkan.

Menurut Alex, dengan jadwal  migrasi yang masih panjang diberikan Kemenkominfo, maka ruang untuk menyelesaikan masalah terbuka lebar.

"Kita tunggu saja perkembangannya. kita tentu menunggu Axis untuk mengosongkan blok tersebut. Setelah semuanya selesai, baru segera kita pindah dan menyalakan blok ketiga agar optimal," katanya.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year