Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Blibli Genjot Kualitas Penjual

10:17:41 | 26 Jul 2013
Blibli Genjot Kualitas Penjual
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Situs e-commerce yang dimiliki  PT Global Digital Niaga, Blibli.com, terus menggenjot kualitas penjual yang ada di tokonya untuk meningkatkan pendapatan.

“Kami fokus menggenjot kualitas penjual ketimbang mencari penjual. Kami maunya penjual di situs ini produktif dengan menjual barang berkualitas dan harga kompetitif,” kata Chief Executive Officer Blibli.com, Kusumo Martanto di Jakarta, kemarin.

Diungkapkannya,  saat ini situsnya  telah memiliki   sekitar 600 merchant yang menjual 35.000 jenis produk. Syarat untuk menjadi merchant di Blibli.com bisa menghadirkan merchant yang produktif karena adanya  aminan kualitas dan ketersedian produk.

Dikatakannya, situsnya selama ini   mengambil keuntungan dari setiap transaksi secara proposional. “Kita tidak  menarik keuntungan dari sewa lapak merchant. Kita hanya mengambil fee dari setiap transaksi antara merchant dan pembeli,” jelasnya.

Fee transaksi atau biasa disebut evaluasi penjualan,  ditarik setiap dua minggu sekali. Besarannya berbeda di setiap kategori merchant. Perseroan juga mempertimbangkan margin pendapatan yang diraih setiap merchant dalam menagih fee transaski.

Pengambilan fee bervariasi tergantung transaksi dan produk. Misalnya,  mengambil fee transaksi sebesar single digit untuk penjual-penjual di kategori gadget dan elektronik, sementara di kategori penjual yang lain, fee transaksinya bisa double digit.

“Strategi ini menjadikan Blibli.com dapat bertahan selama ini. Walau  model bisnis business to consumer layaknya mall atau marketplace, kami   memposisikan diri sebagai retail online,” katanya.

Saat ini situs blibli memiliki  8 kategori produk yang secara garis besar terbagi tiga kelompok yakni produk eletronik gadget, produk penunjang gaya hidup, dan hobbies dengan masing-masing porsinya  mencapai 30%.

Selama satu tahun terakhir pengunjung unik Blibli.com tumbuh sampai 1000%, page view meningkat 900%, dan transaksi penjualan meningkat 1600% . Profil pengunjung situs 61% adalah pria dan 39% merupakan perempuan. Hingga saat ini tercatat, 90.000 pembeli menjadi anggotaBlibli.com, sekitar 40% pembeli merupakan anggota yang aktif melakukan belanja online.

Sebanyak  75% akses  diperkirakan melalui komputer pribadi, dan 25% melalui perangkat bergerak. Saat ini Blibli.com sudah memiliki versi website yang nyaman diakses melalui iPad. Pada semester II-2013, perseroan berencana meluncurkan versi aplikasi di perangkat android.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year