telkomsel halo

Huawei Kembangkan Teknologi 5G

13:32:49 | 18 Jul 2013
Huawei Kembangkan Teknologi 5G
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Huawei dikabarkan tengah mengembangkan teknologi generasi kelima atau 5G untuk jaringan mobile yang memungkinkan pengguna menikmati kecepatan akses senyaman dan setara pelanggan Fiber To The Home (FTTH).

Dikutip dari AllthingsD (17/7), teknologi 5G ini baru bisa dadopsi oleh operator tujuh tahun dari sekarang atau sekitar tahun 2020. Pasalnya, banyak operator di dunia tengah proses migrasi ke 4G dengan mengadopsi  Long Term Evolution (LTE).

Teknologi 5G diyakini akan dibutuhkan karena banyak perangkat akan saling terkoneksi di masa depan melalui internet.Selain Huawei, vendor lainnya yang tengah menggarap 5G adalah  Ericsson, Nokia Siemens Networks, Samsung Electronics Co. dan Alcatel-Lucent. Para vendor ini telah terlibat diskusi tentang perkembangan teknologi ini, tetapi belum dalam tahap pembicaraan standarisasi.

Teknologi 5G diyakini akan banyak menghadapi tantangan, terutama dari sisi ketersediaan frekuensi untuk menjalankannya. Diharapkan operator mulai dari sekarang banyak melakukan persiapan terkait penambahan frekuensi  

Huawei mengmbagkan jaringan 5G sejak 2009 lalu melibatkan 200 ahli dan 20 universitas terkenal seperti  Harvard, UC Berkeley, dan Cambridge. Perseroan mengalokasikan dana lumayan besar untuk divisi  R&D yakni sekitar  US$ 4,8 miliar pada tahun lalu. Khusus untuk riset 5G dilakukan di  Ottawa, Kanada.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year